Kamis 27 Jul 2017 10:48 WIB

Gol Neymar Beri MU Kekalahan Perdana pada Pramusim

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Neymar (kanan), pencetak gol tunggal kemenangan Barcelona 1-0 atas Manchester United pada International Champions Cup.
Foto: AP Photo/Patrick Semansky
Neymar (kanan), pencetak gol tunggal kemenangan Barcelona 1-0 atas Manchester United pada International Champions Cup.

REPUBLIKA.CO.ID, MARYLAND -- Usai sudah perjalanan tur pramusim Manchester United di Amerika Serikat (AS) sejak memulainya dengan menghadapi LA Galaxy pada 16 Juli lalu. Laga kontra Barcelona dalam turnamen mini International Champions Cup (ICC) 2017 di Stadion FedEx Field, Kamis (27/7) pagi WIB menandai berakhirnya tur United di negeri Paman Sam.

United harus rela menutup turnya di AS dengan kekalahan karena dibekuk oleh Barcelona dengan skor tipis 0-1. Gol tunggal pada laga ini lahir dari kaki penyerang Barcelona yang sedang dirumokan akan hijrah ke Paris Saint-Germain (PSG), Neymar.

Jalannya laga antara raksasa Inggris melawan Spanyol itu benar-benar sengit. Limpahan peluang lahir menghiasi jalannya pertandingan sejak menit pertama. Hal ini wajar terjadi karena kedua pelatih masing-masing tim langsung menerjunkan para pemain terbaiknya.

Di kubu United, Antonio Valencia, Victor Lindelof, Romelu Lukaku, Paul Pogba, Herik Mkhitaryan, dan Marcus Rahsford main mulai menit pertama. Sedangkan di Barcelona, Jordi Alba, Sergio Busquets, Javier Mascherano serta trio MSN, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar turun di lapangan sejak peluit pertama dibunyikan.

 

Jalannya pertandingan.

Iblis Merah membuka keran peluang lebih dulu via bomber Romelu Lukaku pada menit ketiga. Pemain yang baru dibeli dua pekan lalu ini menerima umpan silang dari Rashford di sisi kanan, bola yang datang tepat di muka gawang bisa ia sambar. Sayang tembakannya melayang di atas gawang.

Dua menit berselang giliran Messi beraksi. Kapten Barca ini mendapatkan umpan dari Neymar di kotak penalti, namun sepakan Messi masih bisa diblok oleh kiper United David De Gea.

Hanya butuh semenit bagi Barcelona untuk kembali menebar ancaman. Kali ini Suarez melepas tembakan dari sisi kiri kotak 16 United. Bola ia arahkan ke tiang jauh tapi lagi-lagi De Gea tampil sebagai penyelamat.

Messi kembali unjuk gigi. Pemain kidal penuh tato ini melakukan solo run hingga bisa merangsek ke depan kotak 16 United. Melihat ada ruang tembak, Messi lalu melepaskan tendangan tapi masih belum tepat sasaran.

Menit ke-15 United merespons melalui kejeniusan seorang Pogba. Pemain termahal di dunia ini menembak bola dari luar kotak penalti. Sepakannya deras mengalir hingga membuat kiper Barca Jasper Cillessen berjibaku untuk menghentikannya.

Menit ke-28, giliran Neymar unjuk gigi. Menerima umpan terobosan dari Suarez, Neymar bisa merangsek mendekati gawang De Gea melalui sisi kanan pertahanan United. Bola hasil umpan Suarez langsung disepak oleh Neymar tapi lagi-lagi De Gea mampu menjadi tembok tangguh.

Empat menit kemudian Barca akhirnya bisa menjebol gawang United. Gol ini berbau kontroversi karena terlihat dari kamera ada pelanggaran yang dilakukan Neymar dan Suarez.

Semua berawal dari umpan terobosan Messi ke dalam kotak penalti United yang bisa ditebak untuk kemudian dihentikan oleh Valencia. Ketika bola dalam penguasaannya, Valencia tiba-tiba didorong hinga terjatuh oleh Neymar. Bola kemudian bergulir liar tepat di depan mulut gawang United. Chris Smalling yang hendak menghentikan bola malah didorong dengan tangan oleh Suarez sehingga membuka jalan untuk Neymar mendapatkan ruang tembak.

Striker asal Brasil ini pun tak membuang kesempatan dan langsung menembak bola tanpa bisa dihentikan De Gea. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Barca.

Statistik babak pertama menunjukkan, Barca bisa melepas 12 tembakan dengan di antaranya tepat sasaran. Sedangkan United membuat enam tembakan dengan tiga di antaranya mengenai target.

Pada babak kedua, jalannya laga benar-benar berbeda dengan interval pertama. Ditariknya para pemain andalan kedua tim ikut memengaruhi turunnya jumlah peluang pada laga ini.

Cuma satu kejadian penting yang terjadi pada babak kedua. Yakni ketika striker pengganti Munir El Haddadi sukses mengelabui bek United Eric Bailly pada menit ke-66. Ketika kemudian tinggal berhadapan dengan kiper pengganti Sergio Romero, Munir tak bisa menuntaskan tugasnya. Itu karena bola bisa diblok dengan sangat baik oleh Romero. Laga pun berakhir dengan skor 1-0.

Ini jadi kekalahan pertama United sejak melaksanakan tur pramusim di AS. Total, United memenangi empat laga dari lima kali bertanding selama pramusim di negeri Paman Sam.

 

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Arsenal Arsenal 0 0 0 0 0 0 0
2 Aston Villa Aston Villa 0 0 0 0 0 0 0
3 Chelsea Chelsea 0 0 0 0 0 0 0
4 Everton Everton 0 0 0 0 0 0 0
5 Fulham Fulham 0 0 0 0 0 0 0

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement