Kamis 27 Jul 2017 18:17 WIB

PSSI Usul Peserta Sepak Bola Asian Games Hanya 16 Negara

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ratna Puspita
Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono
Foto: Republika/Iftah Israr
Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) mengusulkan peserta cabang olahraga sepak bola pada Asian Games 2018 hanya 16 negara. Ini sesuai dengan peserta pada putaran final Piala Asia. 

"Idealnya memang 32 tim," kata Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono, di Jakarta, Kamis (27/7). Namun, ia mengatakan, jumlah 32 tim tersebut pun masih terbilang banyak. "Paling bagus itu 16 tim, seperti di Piala Asia," kata dia melanjutkan. 

Joko mengatakan PSSI memang menyarankan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) menyadur sistem kompetisi Piala Asia dalam gelaran tersebut. Dia menambahkan negara peserta sepak bola di Asian Games 2018 sebaiknya tak lebih dari 32 negara.

Menurut Joko, berapa pun peserta timnas yang akan hadir dalam Asian Games mendatang bukan persoalan. Hanya, ia menjelaskan, jika jumlah peserta mencapai melebihi 32 negara maka sistem penyisihan grup harus disesuaikan. "Saat penyisihan grup, runner up grup, tidak otomatis lolos ke 16 besar," ujar dia.

Usul lainnya, Joko menyebutkan jika tujuannya meminimalkan negara peserta maka Asian Games bisa menerapkan sistem kualifikasi. Menurut dia, putaran kualifikasi bisa diadakan dua atau tiga bulan sebelum kick off perdana Asian Games.

Sepak bola di Asian Games memang menjadi salah satu cabang olahraga yang paling diunggulkan dan terfavorit. Hanya, sampai saat ini jumlah negara peserta, belum ditentukan. Sejumlah stadion untuk cabor tersebut pun sudah disiapkan. Kecuali Stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang masih dalam pemugaran.

Ketua Inasgoc Erick Thohir pada Selasa (25/7) sempat mengatakan akan melayangkan surat permintaan renogosiasi kontrak dengan The Olympic Council Asia (OCA). Dalam negosiasi ini, Inasgoc akan membahas terkait dana sponsor dan kualifikasi cabang olahraga. 

Erick mengatakan Inasgoc ingin meminta kepada OCA agar ada beberapa cabang olahraga yang melakukan kualifikasi sebelum datang ke Asian Games 2018. "Bisa enggak cabang-cabang di Indonesia dikualifikasi karena enggak mungkin cabang sepakbola tiba-tiba ada datang 40 tim, lapangannya belum tentu cukup, dananya belum tentu cukup. Kami minta yang datang tim yang sesuai dengan peringkat Asia sebelumnya," kata Erick.

Lebih dari 40 negara akan berpartisipasi pada Asian Games 2018 yang digelar selama tiga pekan, mulai 18 Agustus sampai 2 September. Indonesia menyelenggarakan ajang pesta ragam olahraga terbesar di Asia itu di dua lokasi yakni Jakarta dan Palembang. 

Khusus cabor sepak bola, arena yang bakal digunakan yakni Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, Stadion Jakabaring di Palembang Stadion Patriot Candrbhaga dan Stadion Wibawa Mukti di Bekasi, Stadion Pakansari di Bogor, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement