Selasa 01 Aug 2017 15:42 WIB

Rangkuman Pekan Ke-17 Liga 1: Madura United Kukuh di Puncak

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Striker Madura United, Greg Nwokolo merayakan golnya ke gawang PSM Makassar pada laga Liga 1, Sabtu (29/7).
Foto: ANTARA FOTO/Saiful Bahri
Striker Madura United, Greg Nwokolo merayakan golnya ke gawang PSM Makassar pada laga Liga 1, Sabtu (29/7).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Liga 1 Indonesia sudah melewati fase paruh musim. Klub-klub yang ikut dalam kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia sudah menyelesaikan pekan ke-17 atau pekan terakhir untuk putaran pertama.

Pada pekan ke-17 ini, kudeta terjadi lagi untuk posisi puncak klasemen. Madura United kembali lagi ke peringkat teratas usai menang 1-0 atas PSM Makassar pada Sabtu (29/7). Laskar Sape Kerrab kini mengoleksi 32 angka. MU menyingkirkan Persipura yang baru bermain melawan Sriwijaya FC sehari kemudian.

Persipura baru memainkan pekan ke 17 pada Ahad (30/7) di Stadion Jakabaring Palembang. Jika menang atas Laskar Wong Kito, Mutiara Hitam akan kembali ke Singasana. Tapi duel big match di Palembang tidak terlalu menguntungkan buat Boaz Solossa dan kawan-kawan. Mereka hanya memetik satu angka karena pertandingan bearkhir dengan skor 2-2.

Beto Goncalves yang merupakan bekas pemain Persipura menjadi momok buat Mutiara Hitam. Beto dua kali menjebol gawang Persipura. Usai imbang dengan Sriwijaya, tim juara Indonesia Soccer Championship itu harus puas di peringkat dua dengan nilai 31

Bali United menyodok ke posisi runner up

Tapi itu pun hanya bertahan satu hari. Pada Senin (31/7) Persipura turun lagi ke posisi tiga. Penyebabnya karena Bali United juga menyodok ke posisi runner up. Serdadu Tridatu sukses membungkus tiga angka di laga tandang ke Stadion Petrokimia. Bali menang 3-1 atas Persegres Gresik United. Bali kini di peringkat dua dan hanya kalah selisih gol dengan Madura United.

Bhayangkara FC gagal ke puncak

Bhayangkara FC yang juga sempat punya kans di puncak, malah gagal di markas sendiri. The Guardian kalah tipis 0-1 oleh tim sekandang Persija Jakarta di Stadion Patriot. Bhayangkara harus turun ke posisi empat. Angka yang dikumpulkan pasukan Simon McMenemy adalah 30.

Bagi Persija laga tersebut pertanda baik. Macan Kemayoran meneruskan catatan tak terkalahkan menjadi 12 laga beruntun. Persija berhak atas peringkat lima dengan 28 angka. Anak-anak asuh Stefano Teco unggul selisih gol dari PSM yang turun ke peringkat enam.

Hasil pekan ke-17.

Persib terpuruk

Persib Bandung meneruskan catatan negatif sejak pekan ke-13. Maung Bandung kalah di Stadion Marora markas Perseru Serui dengan skor 2-1 pada Sabtu (29/7). Dua gol Arthur Bonai hanya dibalas satu gol lewat aksi Shohei Matsunaga. Dengan begitu Persib masih berada di peringkat 14 dengan nilai 21.

Ada dua tim yang masih belum genap memainkan 17 laga. Yakni Sriwijaya dan Perseru. Laga keduanya dijadwalkan pada pekan ke-12 lalu pascalibur lebaran Idul Fitri di kandang Laskar Wong Kito di Stadion Jakabaring. Tetapi, laga itu tertunda karena tidak ada izin dari pihak keamanan. Kepolisian Kota Palembang saat itu sedang fokus mengamankan arus balik. Sriwijaya melawan Serui jadinya dilaksanakan pada Rabu (2/8) masih di stadion yang sama.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement