Rabu 09 Aug 2017 18:45 WIB

Lepas Reinaldo, PSM Gaet Striker dari Uzbekistan

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Pavel Purishkin
Foto: Twitter/@PSM_Makassar
Pavel Purishkin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSM Makassar resmi menggaet striker anyarnya Pavel Purishkin pada jendela transfer pemain perdana Liga 1 2017. Pemain asal Uzbekistan tersebut, sudah diperkenalkan manajemen di Sulawesi Selatan (Sulsel) tersebut, pada Rabu (9/8).

Direktur PSM Munafri Arifuddin, saat dihubungi mengatakan, pemain barunya itu, besar peluang tampil perdana di laga pembuka pekan ke-19 Liga 1, saat PSM tandang ke markas Persela Lamongan, Sabtu (12/8) mendatang. "Betul sudah resmi. Sekarang tinggal kita lengkapi saja adminstrasinya. Mudah-mudahan cepat selesai, supaya bisa kita mainkan nanti (di pekan ke-19 Liga 1)," kata dia, saat dihubungi, Rabu (9/8).

Bersama PSM Makassar, ini kali pertama karier sepak bola Pavel di Liga Indonesia. Mantan striker Liga Utama di Uzbekiztan tersebut, sebelumnya bergabung bersama Caspity FC. Tapi, dia cuma setengah musim bersama tim tersebut, sejak Januari lalu. Sebelum itu, Pavel sebelum itu, semusim merumput di Liga Malaysia, bersama UiTM FC.

Sebelum di Malaysia, Pavel juga pernah memperkuat kesebelasan di Kazakstan, bersama CSKA Almaty. Di Kazakhstan, masa gemilang karier sepak bolanya, ketika memperkuat FC AK Bulak, pada 2011 lalu. Semusim bersama kesebelasan itu, tercatat 20 gol dia bikin.

Munafri menolak menyebut berapa besaran kontrak bermai Pavel. Tetapi, kata dia, sementara ini manajemen Ayam Jantan dari Timur itu, sepakat dengan kontrak bermain setengah musim. Itu artinya, terang Munafri, Pavel akan berseragam PSM, sampai Liga 1 usai akhir tahun ini.

Menurut dia, tentu terbuka peluang bagi Pavel tetap berseragam PSM pada musim berikutnya. Akan tetapi, perpanjangan kontrak tersebut, mengharuskan adanya kontribusi yang positif dari pemain selama sisa musim Liga 1 berjalan saat ini. "Kalau kita lihat dia nanti sesuai harapan kita, perpanjangan kontrak pastinya akan sangat terbuka," sambung Munfari.

Pavel menjadi pembelian pemain asing kedua bagi PSM di Liga 1 musim ini. PSM masih punya sejumlah pemain asing pada awal Liga 1, dan satu pemain yang berstatus pemain bintang, sisa dari gelaran Piala Presiden 2017 lalu. Pavel, pun menjadi pemain baru yang kedua milik PSM di bursa transfer paruh musim Liga 1 saat ini.

Pada awal pekan lalu, PSM juga berhasil mendatangkan pemain gelandang sayap dari Mitra Kukar, Zulham Zamrun. Namun, pada Selasa (8/8), PSM juga resmi putus kontrak dengan striker asingnya, Reinaldo Elias da Costa. Pemain asal Australia tersebut, ditampung oleh Persija Jakarta, dengan status bebas transfer.

Masuknya Pavel, sepertinya disiapkan sebagai pengganti Reinaldo. Selama ini, Reinaldo terbilang punya kontribusi positif bagi skuat Juku Ekka. Sepanjang paruh pertama Liga 1, Reinaldo tercatat memberikan sembilan dari total 25 gol PSM sampai pekan ke-18. Catatan sembilan gol Reinaldo tersebut, pun membuat namanya sebagai satu dari 10 top skorer Liga 1 berjalan.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement