Senin 14 Aug 2017 10:53 WIB

Arema Protes ke PT LIB Soal Ezechiel, Ini Jawaban Persib

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Penyerang baru Persib Bandung Ezechiel Aliadjim N'Duoassel.
Foto: REPUBLIKA/Febrian Fachri
Penyerang baru Persib Bandung Ezechiel Aliadjim N'Duoassel.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Big match antara Arema FC menjamu Persib Bandung pada pekan ke-19 Liga 1 akhir pekan kemarin menyisakan satu persoalan. Manajemen Singo Edan melayangkan protes ke operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru atas pemain baru Maung Bandung Ezechiel N'Douassel.

Melalui surat bernomor 006/SEKR-ARM/VII/2017 kepada PT LIB, Arema mempertanyakan keabsahan Persib menurunkan Ezchiel. Arema menyebut kapten Timnas Chad itu belum mendapatkan status sah sebagai pemain Liga 1 karena belum memiliki International Transfer Certificate (ITC). Pada laman FIFA TMS, disebutkan Ezechiel masih berstatus pemain klub Israel Hapoel Kiryat Shmona.

"Protes ini kami sampaikan untuk menjunjung tinggi nilai sportivitas dan fairplay yang terus kita kumandangkan bersama dalam sepak bola Indonesia," begitu tulis Arema melalui surat resmi yang ditandatangani Manajer Ruddy Widodo, Ahad (13/8).

Merespon protes Arema, Persib pun angkat bicara. Melalui Media Officer Irfan Suryadireja, Persib merasa keputusan mereka memberikan debut kepada Ezechiel di Malang tidak ada masalah karena sudah mengantongi izin dari PT LIB.

Irfan menjelaskan Persib sudah mengikuti prosedur yang dibuat oleh PSSI. Mereka memberikan daftar nama pemain ke PT LIB sebelum laga untuk disahkan.

Di dalam 20 nama yang didaftarkan Persib ke PT LIB untuk lawan Arema, mereka menyertakan nama Ezechiel. Pemain 29 tahun asal Chad itu baru direkrut Persib awal pekan lalu setelah berstatus bebas transfer sejak kontraknya tak diperpanjang Hapoel.

"Kami sudah mendapat pengesahan dari PT LIB untuk memainkan Ezechiel. Kalau dia tidak disahkan kami juga tidak akan berani memainkan dia. Persib sudah menaati aturan dari PSSI," kata Irfan kepada Republika.co.id.

Sekarang dengan adanya protes dari Arema, Persib kata Irfan menyerahkan kepada PT LIB dan PSSI untuk meninjau.

Irfan menyebut status Ezechiel di FIFA TMS yang masih sebagai pemain Hapoel menjadi urusan antar federasi baik itu di federasi sepak bola Israel, FIFA dan PSSI.

Sementara ada kepastian tentang status Ezechiel dari PSSI, Persib tetap fokus untuk persiapan laga selanjutnya melawan Persegres Gresik United untuk pekan ke 20. Persib juga mempersiapkan Ezechiel untuk siap main pada laga tersebut.

Febrian

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement