Senin 14 Aug 2017 21:48 WIB

Kalahkan Persegres, Persipura Geser Bali di Pucuk Klasemen

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ratna Puspita
Logo Liga 1 Indonesia.
Foto: ist
Logo Liga 1 Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, GRESIK — Persipura Jayapura melengserkan Bali United di puncak klasemen sementara Liga 1 2017, usai menang telak dari Persegres Kediri. Laga penutup pekan ke-19 antara tim Mutiara Hitam melawan kesebelasan Kebo Giras berakhir dengan skor 4-0, pada Senin (14/8).

Laga kedua kesebelasan berlangsung di Stadion Petrokimia, Jawa Timur (Jatim). Saat pertandingan, tim tuan rumah asuhan pelatih Hanafi menurunkan skuat terbaiknya, dengan mengandalkan duet striker Patrick Daniel dan Yusuf Effendi, dalam formasi 4-4-2.

Pelatih tamu, Wanderlay Machado da Silva Junior, juga mengandalkan formasi 4-4-2. Penyerang Boaz Erwin Solossa dan Addison Alves de Oliviera menjadi tumpuan serangan.

Pada babak pertama, sebetulnya para pemain Persegres mampu menahan permainan Persipura. Itu terbukti, sepanjang 30 menit pertandingan, papan skor masih 0-0. Namun, lepas setengah jam, persisnya pada menit ke-32, para pemain tamu mencuri momentum dengan membuka keunggulan.

Gol pembuka dicetak oleh gelandang tengah Yohanes Pahabol. Skor menjadi 0-1. Usaha para pemain Persegres membalas gol tak berhasil sampai tutup minum. Babak pertama berakhir dengan skor 0-1.

Memasuki babak kedua, para pemain tamu meninggikan intensitas permainan dan serangan. Hasilnya, pada menit ke-57, gawang Persegres yang dijaga Fitrul Dwi Rustapa kembali kebobolan. Tambahan gol tersebut tercatat atas nama gelandang serang Immanuel Wanggai.

Persegres yang tak mampu membalas semakin kewalahan setelah kembali gawangnya kebobolan. Tiga menit setelah gol kedua, Pahabol kembali merobek gawang tuan rumah. Skor semakin renggang 0-3. Skor telak tersebut pun bertahan sampai menit ke-80.

Persipura menggenapkan keunggulan pada menit ke-83 lewat gol milik gelandang sayap, Prisca Womsiwor. Skor pun menjadi 0-4. Tambahan waktu dua menit dari wasit Adi Riyanto tak membuat Persegres bisa membalas satu pun gol. Pertandingan usai dengan skor 0-4.

Kemenangan Persipura atas Persegres merupakan kemenangan partai tandang terbesar di Liga 1 musim ini. Perolehan tiga angka kali ini pun membuat Persipura Jayapura menggeser Bali United, yang pada Ahad (13/8) merasakan pucuk klasemen usai mengalahkan Madura United 5-2.

Persipura kini punya nilai 37 angka di pucuk klasemen sementara. Terpaut dua angka dari Serdadu Tridatu yang kini berada di peringkat kedua dengan nilai 35 angka di papan klasemen.  Bagi Persegres, kekalahan kali ini, semakin membenamkan kesebelasan tersebut, di dasar klasemen zona degradasi, dengan baru memeroleh nilai tujuh angka. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement