Selasa 15 Aug 2017 13:47 WIB

Rangkuman Pekan Ke-19 Liga 1: Debut Lilipaly, MU Tergusur

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Pelatih Bali United Widodo Cahyono Putro (kanan) bersama CEO Bali United Yabes Tanuri (kiri) memperkenalkan pesepak bola Stefano Lilipaly yang baru bergabung dengan Bali United, di Kuta, Bali, Minggu (13/8).
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Pelatih Bali United Widodo Cahyono Putro (kanan) bersama CEO Bali United Yabes Tanuri (kiri) memperkenalkan pesepak bola Stefano Lilipaly yang baru bergabung dengan Bali United, di Kuta, Bali, Minggu (13/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Banyak momen penting terjadi pada pekan ke 19 Liga 1. Sengitnya persaingan di papan atas terbukti karena pimpinan klasemen kembali berganti.

Madura United (MU) yang aman di puncak dalam dua pekan sebelumnya tergusur ke peringkat tiga. Nilai yang dikumpulkan Laskar Sape Kerrab masih 35. Kalah dua angka dari Persipura Jayapura yang melesak naik usai membantai Persegres Gresik United.

Bali United 5-2 Madura United

Petaka Madura hadir di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali pada Ahad (13/8). Bali United tampil perkasa dengan membantai pasukan pelatih Gomes de Oliviera dengan skor 5-2. Pada babak pertama, lini pertahanan MU sudah dibuat babak belur oleh Serdadu Tridatu. Bali unggul 3-1 di babak pertama berkat dua gol Syvlano Comvalius dan satu gol marquee player Nick van der Velden.

Satu balasan MU dicetak Fabiano Da Rosa. Di babak kedua, tuan rumah makin menggila. Dua gol lagi bersarang di gawang Sape Kerrab. Sylvano mencatatkan hattrick. Satu lagi gol Bali dicetak Sukadana Pratama. MU memperkecil kedudukan jadi 5-2 lewat kaki Bayu Gatra. Kemenangan mendongkrak peringkat Bali ke posisi dua dengan nilai 35. Tridatu unggul selisih gol dari MU.

video cuplikan Bali United vs Madura United (Sumber: Youtube/Liga1Match)

Laga ini semakin meriah buat pendukung Bali United karena pelatih Widodo Cahyono Putro menurunkan rekrutan anyar Stefano Lilipaly. Bintang Timnas Indonesia itu dimasukkan pada menit ke-78 menggantikan I Made Andika.

Kemenangan besar ini menandai debut Lilipaly di Liga Indonesia. Sebelumnya pemain 27 tahun itu bermain di Eredivisie dan Eerste Divisie Belanda dengan beberapa klub seperti Utrech, Almere City, Telstar dan SC Cambuur.

Sylvano juga layak berpesta usai kemenangan atas MU. Koleksi tiga gol tambahan oleh striker asal Belanda itu membuatnya kini menjadi top skorer sementara Liga 1 dengan 17 gol. Sylvano melewati catatan 13 marquee player MU Peter Odemwingie yang sempat tak ada saingan dalam memburu gelar sepatu emas.

Persipura ke puncak klasemen

Kekalahan telak MU dimanfaatkan Mutiara Hitam yang baru memainkan pekan ke-19 pada Senin (14/8) di markas Persegres Gresik United. Persipura menelan habis Laskar Jaka Samudera dengan skor 4-0. Yoshua Pahabol memborong dua gol. Dua gol lainnya dibuat masing-masing satu oleh Womsimor dan Imanuel Wanggai. Persegres pun semakin terbenam di dasar klasemen dengan nilai tujuh.

PSM Makassar kembali ke peta persaingan. Ayam Jantan dari Timur menaklukan tuan rumah Persela Lamongan dengan skor tipis 1-0. PSM menang berkat gol tunggal marquee player Willem Jan Pluim. Kemenangan ini jadi modal buat PSM yang pada pekan ke-20, tepatnya hari ini, Selasa (15/8) memainkan partai big match di kandang Persija Jakarta. PSM kini ada di peringkat empat dengan nilai 34.

Big match yang antiklimaks

Big match antara Arema FC versus Persib Bandung berakhir antiklimaks. Singo Edan dan dan Maung Bandung hanya berbagi angka satu karena pertandingan berakhir dengan skor kacamata. Posisi Arema dan Persib stagnan. Arek Malang masig di peringkat sembilan dengan nilai 27. Persib masih di papan bawahnya.

Koleksi 25 angka membuat Persib ada di urutan 12. Skor imbang 0-0 ini mengulangi laga kick off Liga 1 April lalu. Ketika Persib menjamu Arema di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada Sabtu (15/4) lalu mereka juga bermain imbang tanpa gol.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement