Ahad 20 Aug 2017 20:44 WIB

Hattrick Pertama Maitimo Antar Persib Benamkan Persegres

Rep: Febrian Fachri / Red: Ratna Puspita
Logo Liga 1 Indonesia.
Foto: ist
Logo Liga 1 Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Persib Bandung pesta gol kala menjamu tim juru kunci Persegres Gresik di Stadion Si Jalak Harupat, Ahad (20/8). Maung Bandung mencukur Laskar Jaka Samudera enam gol tanpa balas. 

Raphael Maitimo menjadi bintang kemenangan dengan mencatatkan hattrick pertamanya untuk Persib. Maitimo mencetak  gol pada menit 40, 42 dan menit 75. 

Billy Keraf yang masuk sebagai pemain  pengganti membuat gol pada menit 79. Ezechiel Ndouassel juga mencatatkan gol pertamanya buat Persib pada masa injury time babak kedua. Satu lagi gol tuan rumah dibuat lewat bunuh diri pemain  tamu Andre Wibowo di menit 46.

Kemenangan ini mengantarkan Pangeran Biru ke peringkat sembilan klasemen sementara Liga 1 dengan nilai 28. Persegres semakin terbenam di dasar klasemen dengan poin tujuh.

Sejak wasit asal Jakarta Moch Adung meniupkan tanda kick off dimulai, tim tamu lebih dahulu mengambil inisiatif permainan. Pada menit ke sembilan, Laskar Jaka Samudera menebar ancaman terhadap gawang Maung Bandung yang dijaga M Natshir. David Faristian membuat tendangan spekulasi yang keras mengarah ke gawang. Untungnya Natshir berada di posisi tepat untuk menepis bola keluar dari kotak penalti.

Sejak menit ke 12, tuan rumah mulai mengambil alih kendali permainan. Peluang pertama Persib dibuat oleh striker anyar Ezechiel Ndouassel. Ia menyundul bola umpan dari Dedi Kusnandar. Sayangnya percobaan pertama kapten Timnas Chad itu melenceng.

Empat kemudian, Ezechiel kembali mendapat peluang dari bola udara. Kali ini ia mencoba menyundul umpan lambung dari  Shohei Matsunaga. Tapi, upaya pemain bernomor punggung 70 itu masih belum berhasil.

Peluang emas didapatkan Ezechiel pada menit 31 ketika ia lepas dari jebakan offside. Ezechiel berhasil berlari kencang menuju kotak penalti. Tapi upaya dia gagal di saat  tinggal berhadapan dengan kiper Gresik Choirun Nasirin. Nasirin berhasil menjegal bola yang gagal dikuasai Ezechiel.

Di saat laga sepertinya akan berakhir imbang  tanpa gol, Maitimo mampu membuat sekitar tiga ribu pendukung Persib di Jalak Harupat bersorak sorai pada menit 40.  Pemain naturalisasi tersebut berhasil memanfaatkan umpan crossing Ezechiel dari sisi kanan pertahanan Gresik. Sundulan  Maitimo begitu tajam menghujam gawang Nasirin.

Hanya satu menit berselang, gelandang 33 tahun tersebut mencatatkan brace-nya. Serangan kaget yang dimulai Shohei Matsunaga membuat pertahanan Kebo Giras kocar kacir. Umpan croasing Shohei disambut sundulan Maitimo. 

Bola sundulan Maitimo awalnya terlihat 50-50 masuk atau tidak. Namun wasit Adung menilai bola sudah melewati garis gawang dan mensahkan gol kedua Maitimo. Pemain Gresik sempat beberapa menit melakukan aksi protes ke wasit karena merasa bola masih belum lewat dari garis gawang. Tapi, Adung tetap tegas dengan keputusannya mengesahkan gol kedua Maitimo malam ini. Skor 2-0 bertahan sampai turun minum.

Babak kedua dimulai Nasirin harus rela memungut kembali bola dari gawangnya. Umpan croasing Ezechiel dari sisi kiri pertahanan salah diantisipasi oleh Gresik. Akibatnya Andre harus membuat gol bunuh diri.

Pada menit 75, Shohei melepaskan umpan terobosan yang meloloskan Maitomo sendirian di depan. Maitimo menggiring bola ke kotak penalti. Dalam kondisi tak terkawal, bekas pemain  Arema itu membuat tendangan keras yang menghujam gawang Gresik. Gol ini menjadi hattrick pertama Maitimo buat Persib. 

Ezechiel kembali menjadi pengumpan untuk terciptanya gol ke lima Persib. Pemain Chad itu melepaskan umpan cantik dengan mencongkel bola ke arah Billy. Hanya sekali sentuhan, Billy melepaskan tendangan melengkung yang tepat mendarat di pojok gawang Gresik. 

Ezechiel menutup pesta gol Persib pada masa injury time setelah mendapatkan bola sodoran dari Gian Zola.  

Skor 6-0 ini menjadi kemenangan terbesar Persib musim ini di Liga 1.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement