Selasa 05 Sep 2017 08:17 WIB

Southgate Puas dengan Tim Muda Inggris Saat Bekuk Slovakia

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
Gareth Southgate
Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Gareth Southgate

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris berhasil memetik kemenangan dengan skor 2-1 saat menjamu Slovakia di Wembley pada lanjutan babak penyisihan Grup F kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, Selasa (5/9) dini hari WIB. Inggris sempat tertinggal lebih dulu sebelum Eric Dier dan Marcus Rashford membalas lewat golnya.

Usai pertandingan, pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, menegaskan bahwa kemenangan atas Slovakia adalah momen besar bagi tim mudanya. Ia merasa sangat senang dengan karakter yang ditunjukkan timnya untuk bangkit dari ketertinggalan dan akhirnya menang.

Southgate mengakui, timnya tidak memulai permainan dengan baik, sedangkan Slovakia melakukannya. Menurutnya, tim tamu memanfaatkan kesalahan timnya untuk mencetak gol. Namun, the Three Lions akhirnya bisa mengatasi perlawanan Slovakia.

"Untuk bangkit dengan cara yang kami lakukan dan mendapatkan kembali kendali dalam 20 menit terakhir babak pertama dan kemudian menjadi tim yang lebih baik di babak kedua, saya sangat senang dengan respon itu. Ini momen besar bagi tim muda," kata Southgate, dilansir dari Sky Sports, Selasa (5/9).

Southgate juga memuji penampilan Rashford. Setelah melakukan kesalahan yang membiarkan Lobotka membobol gawang Inggris, Rashford kemudian menebus kesalahannya dengan memberikan umpan yang berhasil dituntaskan oleh Dier. Rashford kembali menunjukkan penampilan lebih baik saat ia mencetak gol kemenangan di babak kedua.

"Rashford adalah ancaman nyata. Kecepatannya dalam serangan balik sudah jelas dan dia bisa melewati pemain lain," kata dia.

Kendati demikian, ia mengatakan kemenangan itu tak terlepas dari upaya tim. Menurutnya, timnya memiliki beberapa penampilan individu yang sangat baik. Ia menilai baik Alli, sang kapten Jordan Henderson dan pertahanan timnya sangat baik.

"Dipahami Marcus akan mendapatkan semua perhatian, tapi ini adalah tim dan usaha skuat selama 10 hari," ujarnya.

Inggris bisa memastikan tempat di Rusia dengan kemenangan melawan Slovenia di Wembley pada laga kualifikasi berikutnya pada 5 Oktober mendatang. Selanjutnya, Inggris akan bertandang ke Lithuania pada laga kualifikasi terakhir. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement