Selasa 05 Sep 2017 11:00 WIB

Loew Sebut Jerman Tunjukkan Keindahan Sepak Bola

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
Joachim Loew
Foto: AP Photo/Petr David Josek
Joachim Loew

REPUBLIKA.CO.ID, STUTTGART -- Jerman membungkam Norwegia dengan skor 6-0 pada laga lanjutan babak penyisihan Grup C kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa di Mercedes-Benz Arena, Stuttgart, Selasa (5/9) dini hari WIB. Keceriaan pun kembali hadir pada wajah pelatih timnas Jerman Joachim Loew setelah sebelumnya sempat berang kepada sekelompok suporter Die Mannschaft.

Dalam konferensi pers sebelum laga, Loew yang marah mengutuk perilaku sangat tercela dari beberapa penggemarnya yang mengumandangkan nyanyian era Nazi dalam kemenangan atas Republik Ceska.

"Sangat menyenangkan bermain di Stuttgart, suasana hati bagus. Itu menunjukkan keindahan sepak bola," kata Loew, dilansir dari ESPN, Selasa (5/9).

Loew mengatakan, ia sengaja meminta timnya menunjukkan semangat lain. Ia merasa puas karena timnya membuat kemajuan yang baik melawan Norwegia. Sebab Jerman tampil di bawah performa meskipun menang 2-1 atas Ceska.

"Khususnya di sepertiga terakhir lapangan. Kami ingin menemukan ruang dan bermain di situ. Saat kamu melakukan itu, maka kamu akan menciptakan peluang. Kami melakukan itu," kata dia.

Timnas Jerman mencatatkan kiprah kualifikasi terbaik di Piala Dunia saat ini. Die Mannschaft memetik delapan kemenangan tanpa imbang dan kalah, mengemas 35 gol, serta hanya kebobolan dua.  Tak heran para pendukung Jerman yang hadir di stadion applaus meriah.

"Itu adalah pertandingan kandang pertama untuk waktu yang lama dan sebelum pertandingan, penonton merasa 'panas' untuk melihat tim dan kami kemudian melakukan bagian kami dengan gol bagus," kata dia.

Sementara itu, pelatih timnas Norwegia, Lars Lagerback, mengakui juara dunia itu telah membuka setiap kelemahan. Menurutnya, Jerman adalah tim yang fantastis dan salah satu tim terbaik di dunia. Ia mengakui, Jerman telah membuat timnya sangat kesulitan.

"Bila anda tidak memiliki kinerja tim 100 persen, sulit melawan tim seperti ini," kata Lagerback. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement