Kamis 07 Sep 2017 11:34 WIB

Slamet Nurcahyo Puncaki Top Assist Liga 1

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Pesepak bola Madura United FC Slamet Nurcahyo (kedua kiri) berebut bola dengan pesepak bola Perseru Serui Bryan Nus Muabuay saat babak penyisihan Grup E turnamen Piala Presiden di Stadion Gelora Ratu Pamelingan (SGRP), Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (14/2).
Foto: ANTARA FOTO/Saiful Bahri
Pesepak bola Madura United FC Slamet Nurcahyo (kedua kiri) berebut bola dengan pesepak bola Perseru Serui Bryan Nus Muabuay saat babak penyisihan Grup E turnamen Piala Presiden di Stadion Gelora Ratu Pamelingan (SGRP), Pamekasan, Jawa Timur, Selasa (14/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Pemain-pemain lokal Indonesia sementara sulit bersaing dalam mengejar gelar top skorer Liga 1. Dominasi penyerang asing begitu terasa saat melihat daftar pencetak gol terbanyak seperti Sylvano Comvalius, Peter Odemwingue, Marclei Cesar sampai Beto Goncalves mewarnai persaingan sepatu emas.

Namun, pesepak bola lokal boleh berbanga karena dominan dalam catatan top assist atau pengumpan untuk terjadinya gol.

Saat ini pemain yang memimpin jumlah assist adalah gelandang serang Madura United Slamet Nurcahyo. Pemain asal Jember berusia 34 tahun itu sudah melepaskan delapan asisst dalam 20 penampilan. Kemerlangan bekas pemain Persebaya Surbaya itu dilengkapi dengan koleksi dua gol buat MU musim ini.

Jumlah umpan menjadi gol yang dicatatkan Slamet kini mendapat persaingan ketat dari playmaker Mitra Kukar In-Kyun-Oh. Pemain asal Korea Selatan tersebut juga mengumpulkan delapan assist. Pemain 32 tahun itu punya menit bermain lebih sedikit dibanding Slamet. Kyun-Oh baru memainkan 19 laga. Tapi ia sudah mengoleksi tiga gol buat Si Naga Mekes.

Selain Slamet dan In-Kyun-Oh, kapten Persipura Boaz Solossa juga sudah mencatatkan delapan assist. Catatan Boaz jauh lebih baik dibanding dua pemain tersebut. Boaz mencetak delapan assist hanya dalam 16 penampilan. Selain itu, pemain 31 tahun itu sudah menyumbangkan lima gol buat Mutiara Hitam.

Gelandang Bali United Marcos Flores juga layak menyandang Si Jago Assist di Liga 1. Flores sudah mencatatkan tujuh assist dalam 20 penampilan buat Serdadu Tridatu. Ia juga sudah menyumbang enam gol buat timnya di Liga 1. Bekas pemain Persib Bandung itu berkontribusi besar dalam pencapaian Bali United yang sedangt memimpin puncak klasemen Liga 1 sampai pekan ke 22.

Berikut daftar top assist Liga 1, dikutip dari laman resmi Liga 1, Kamis (7/9):

1. Slamet Nurcahyo (Madura United/Indonesia)- 8 assist

2. In-Kyun-Oh (Mitra Kukar/Korea Selatab)- 8 assist

3. Boaz Solossa (Persipura/Indonesia)- 8 assist

4. Marcos Flores (Bali United/Argentina)-7 assist

5. Irfan Bachdim (Bali United/Indonesia)- 6 assist

6. Ian Kabes (Persipura/Indonesia)- 6 assist

7. Paulo Sergio (Bhayangkara FC/Portugal)- 6 assist

8. Yohhanes Pahabol (Persipura/Indonesia)- 6 assist

9. Tijani Belaid (Sriwijaya FC/Tunisia)- 5 assist

10. Sylvano Comvalius (Bali United/Belanda)- 5 assist

Febrian

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement