Sabtu 09 Sep 2017 14:27 WIB

Haornas 2017, Jateng Juara Liga Sepak Bola Pelajar U-12

Tim Korda Magelang yang mewakili Jawa Tengah menjadi juara Liga Sepak Bola (LSP) U-12 dalam rangkaian perayaan Haornas di Magelang, Sabtu (9/9).
Foto: Istimewa
Tim Korda Magelang yang mewakili Jawa Tengah menjadi juara Liga Sepak Bola (LSP) U-12 dalam rangkaian perayaan Haornas di Magelang, Sabtu (9/9).

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Tim sepak bola Jawa Tengah (Jateng) yang diwakili Korda Magelang tampil sebagai juara Liga Sepak Bola Pelajar (LSP) U-12 Piala Menpora, dalam rangkaian Hari Olahraga Nasional 2017. Pada final di Stadion Gemilang, Magelang, tim tuan rumah mengalahkan Jawa Timur dengan skor 2-1, Sabtu (9/9/2017).

Kemenangan Korda Magelang ini terbilang istimewa dan pantas disebut kejutan. Sebab Korda Magelang tampil lantaran wild card sebagai tuan rumah Haornas.

Sejak awal pertandingan yang menggunakan waktu 2x12 menit, kedua tim langsung bermain terbuka. Namun Korda Magelang beruntung setelah mencetak gol cepat pada menit keempat lewat aksi Fran.

Keunggulan ini membuat tensi pertandingan makin meningkat. Hasilnya pada menit kesepuluh Korda Magelang kembali mampu menggandakan skor lewat gol yang diciptakan Gading. Kedudukan 2-0 ini bertahan sampai turun minum. 

Pada babak kedua, Jatim yang tak mau dipermalukan mencoba menekan pertahanan Korda Magelang. Sayang berapa kali upaya mereka mampu dipatahkan pemain bertahan lawan.

Jatim baru mampu memperkecil ketinggalannya satu menit jelang pertandingan usai. Adalah Hugo Samir--anak pelatih Barito Putera Jacksen F Tiago yang berhasil membobol gawang Korda Magelang.

Gol pada laga ini sekaligus mengukuhkan nama Samir sebagai top skorer dengan 11 gol dan berhak mendapatkan sepatu emas. Sementara itu gelar pemain terbaik diraih Farrel, kiper Korda Magelang.

Sementara juara ketiga direbut Kalimantan Tengah setelah mengalahkan Kalimantan Selatan 4-3 lewat drama adu penalti. Adu penalti harus digelar setelah di waktu normal kedua tim bermain imbang 1-1.               

Deputi Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta mengatakan bahwa pihaknya berharap ke depannya melalui event ini akan memberikan stok bibit pemain usia muda yang kelak akan menjadi pemain-pemain tim nasional, baik junior maupun senior.

 ”Apa yang dihasilkan dari kompetisi usia muda Piala Menpora yang menjadi bagian dari program Liga Berjenjang Kemenpora ini cukup memuaskan, sehingga menjadi modal bagus bagi timnas Indonesia kedepannya dengan memiliki bibit yang berbobot melalui ajang ini," tutur Isnanta.

LSP U-12, U-14, dan U-16 diputar di tiap daerah. Juara tiap daerah kemudian berlaga pada putaran final yang berlangsung pada 6-9 September di Magelang.

 

        

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement