Sabtu 09 Sep 2017 18:34 WIB

Lawan Vietnam, Indra Sjafri Minta Pemain Pede tapi Waspada

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ratna Puspita
Indra Sjafri
Foto: REPUBLIKA/Febrian Fachri
Indra Sjafri

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON — Timnas Indonesia U-19, tak boleh lengah saat menghadapi Vietnam. Kedua kesebelasan, akan melanjutkan pertandingan ke-3, penyisihan dari Grup B Piala AFF U-18 2017, di Yangon, Myanmar pada Senin (11/9) mendatang. 

Pelatih Indra Sjafri mengingatkan para pemainnya, agar tetap percaya diri dan waspada, saat melawan kesebelasan berjuluk the Golden Star tersebut. “Ada pemain-pemain mereka yang sangat perlu untuk kami waspadai,” ujar dia, dari Yangon, dalam rilis resmi timnas yang diterima wartawan di Jakarta, Sabtu (9/9).

Indra tak mau menyebut pemain Vietnam yang berbahaya bagi gawang Indonesia. Tapi yang pasti, dia mengatakan, tim pelatih di U-19 dan para pemain sudah tahu cara tim lawan bermain. Titik unggul dan kelemahan dari para penggawa pelatih Hoang Anh Tuan, pun Indra akui, sudah teridentifikasi. “Soal itu, untuk di internal (tim pelatih) kami saja,” ujar dia. 

Indra enambahkan, paling penting saat ini, memastikan para penggawanya dalam kondisi prima, dan siap menerapkan permainan yang lebih baik pada laga besok. 

Melawan Vietnam nanti, Indonesia dijadwalkan main di Stadion Thuwunna. Garuda U-19, punya kepercayaan diri untuk bisa kembali mencuri tiga angka dari laga tersebut. 

Saat ini, skuat Merah Putih, belum pernah kalah dan berhasil menempati posisi kedua klasemen sementara dengan nilai enam angka. Hasil itu didapat dari kemenangan 2-1 usai menaklukkan tuan rumah Myanmar, Selasa (5/9). 

Hasil terbaik sementara skuat Garuda, saat pesta gol ke gawang timnas Filipina, dengan skor 9-0, Kamis (7/9). Egy Maualana Vikry pun patut didaulat sebagai pemain paling berbahaya di gelaran kali ini, dengan catatan empat gol selama dua pertandingan terakhir.

Sementara Vietnam, saat ini berhasil menyalip, dengan berada di posisi puncak klasemen dengan nilai serupa. Vietnam juga mengawali pertandingan Grup B dengan gemilang saat pesta gol ke gawang Brunei Darussalam lewat kemanangan 8-1 pada Kamis (7/9). 

Vietnam juga berhasil membikin kandas Filipina, dengan skor, 5-0 pada Sabtu (9/9). Pesta gol Vietnam di dua laga terakhir membuat kesebelasan itu, melewati Indonesia, yang selama ini menjadi pamuncak. 

Kedua kesebelasan, kini cuma berbeda selisih gol. Vietnam, kini punya koleksi 13 gol. Sedangkan Indonesia, tentunya belum puas dengan 11 gol. Kedua kesebelasan, dari dua pertandingan, sama-sama mengalami kebobolan satu kali.

Indra menambahkan, pertandingan antara peringkat satu dan dua nanti boleh dibilang sebagai penentu awal uara grup. Dia mengatakan, jika Indonesia berhasil menumbangkan Vietnam maka peluang skuatnya bisa lolos ke babak semifinal sebagai juara Grup B bakal semakin lebar. 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 6 4 2 0 10 7 14
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 6 3 2 1 8 5 11
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement