Senin 11 Sep 2017 16:06 WIB

CEO Bayern Muenchen Balas Kritikan Lewandowski

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
Karl-Heinz Rummenigge
Foto: EPA/Andreas Gebert
Karl-Heinz Rummenigge

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- CEO Bayern Muenchen Karl-Heinz Rummenigge membalas komentar yang diungkapkan oleh striker mereka Robert Lewandowski. Striker berusia 29 tahun itu mengkritik kebijakan transfer klub dengan menuntut Bayern agar menandatangkan lebih banyak pemain kelas dunia guna bersaing. Menurut Lewandowski, klub tak bisa bergantung pada kesetiaan pemain.

"Akan sangat memalukan jika melihat hal-hal seperti itu. Kesetiaan ada dalam DNA Bayern dan penting bagi para fan kami," kata Rummenigge, dilansir dari ESPN, Senin (11/9). 

Dalam sebuah wawancara dengan Spiegel Online akhir pekan, Lewandowski menekankan, jika ingin bersaing di papan atas, klub harus memiliki pemain berkualitas.

"Sampai saat ini, Bayern Muechen tidak pernah menghabiskan lebih dari sekitar 40 juta euro untuk pemain. Di sepak bola internasional, itu telah lama menjadi harga rata-rata daripada harga tertingg," kata Lewandowski.

Dalam wawancara tersebut, striker timnas Polandia itu juga menambahkan bahwa ia percaya uang dan kesuksesan sekarang lebih penting daripada kesetiaan dalam pandangan sepak bola. Sesuatu yang tak disukai Rummenigge.

Rummenigge mengatakan bahwa Bayern telah memiliki filosofi yang serius dan sukses sejak lama. Selain itu, ia mengklaim bahwa Bayern telah menikmati kesuksesan luar biasa selama ini.

Mengutip sudut pandang Kanselir Jerman Angela Markel, Rummenigge mengatakan bahwa timnya harus mengatur dan mengurangi jumlah transfer tersebut. Rummenigge bahkan menilai Lewandowski telah terpengaruh oleh langkah transfer Paris Saint-Germain (PSG).

"Namun demikian, dia dipekerjakan oleh kami sebagai pesepa kbola dan menghasilkan banyak uang. Saya menyesalkan komentarnya. Siapa saja yang mengkritik pelatih, klub, atau rekan tim akan segera bermasalah dengan saya pribadi," tambahnya.

Pada musim panas ini, Bayern telah merekrut pemain timnas Prancis, Corentin Tolisso, dengan rekor transfer sebesar 41,5 juta euro dari Lyon. Angka itu melebihi nilai 40 juta euro yang dibayarkan kepada Athletic Bilbao untuk Javi Martinez pada 2012.

Lewandowski tiba di Bayern pada 2014 dengan status bebas transfer dari Borussia Dortmund. Sejak itu, ia telah memenangkan tiga gelar Bundesliga berturut-turut. Ia juga telah mencetak 30 gol untuk musim kedua berturut-turut di musim lalu. Namun, ia frustrasi dengan tak adanya trofi Liga Champions dalam beberapa musim terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement