Sabtu 16 Sep 2017 15:14 WIB

Setelah Bayar Denda, Bobotoh Tetap Kumpulkan Donasi Rohingya

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andri Saubani
Ratusan Anggota Viking Persib Club merayakan HUT ke 24 Viking di Taman Bobotoh, di Jalan Gurame, Kota Bandung, Senin (17/7).
Foto: REPUBLIKA/Febrian Fachri
Ratusan Anggota Viking Persib Club merayakan HUT ke 24 Viking di Taman Bobotoh, di Jalan Gurame, Kota Bandung, Senin (17/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hingga saat ini, Bobotoh sudah mendapatkan donasi sekitar Rp 70 juta untuk membantu membayar denda PSSI kepada Persib. Meski begitu, donasi yang juga ditujukan untuk warga Rohingya ini masih terus dibuka hingga 10 hari ke depan.

"Kita sudah melebihi Rp 50 juta, ada Rp 70-80 juta untuk saat ini totalnya. Kalau lebih, misal sampai Rp 150 juta, yang Rp 50 juta kita serahkan ke PSSI, yang lebihnya itu kita serahkan untuk warga Rohingya," ungkap Dirijen Viking Persib Yana Umar ketika dihubungi Republika.co.id, Sabtu (16/9).

Yana mengatakan, donasi yang ia kumpulkan dengan bantuan beberapa pihak memang sekaligus untuk dua hal, yaitu membayar denda PSSI dan warga Rohingya. Saat ini, dengan sudah terkumpulnya uang denda sebesar Rp 50 juta, ia masih akan melihat hingga batas akhir pengumpulan donasi untuk kemudian diserahkan ke warga Rohingya.

"Donasi yang untuk PSSI kan sudah nyata ada ya Rp 50 juta. Nanti, donasi untuk Rohingya-nya lihat dulu sampai batas akhir," jelas Yana.

Menurut Yana, donasi untuk PSSI dan Rohingya yang pihaknya lakukan masih dibuka hingga sepuluh hari ke depan. Jadi, biarpun sudah terkumpul biaya untuk membayar denda PSSI, donasi masih akan terus jalan untuk Rohingya.

Sebelumnya diberitakan, klub sepak bola asal bandung, Persib, disanksi PSSI. Yana dan kawan-kawan menyatakan siap untuk udunan membayar denda yang dikenakan kepada klub yang mereka cintai itu.

Proses penggalangan dana ini pun semakin banyak dilakukan oleh mereka, termasuk di antaranya bekerja sama dengan Rumah Zakat. "Bagi yang mau patungan secara langsung, silakan datang ke Sidolig. Tapi, jika ingin transfer atau melalui online, kami bekerja sama dengan Rumah Zakat," jelas Yana, Jumat (15/9) lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement