Selasa 19 Sep 2017 13:20 WIB

Rangkuman Pekan Ke-24 Liga 1: Bali United Tempel Bhayangkara

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andri Saubani
Striker Bali United Sylvano Comvalius (kanan) mengekspresikan kegembiraannya setelah berhasil membobol gawang Persija Jakarta dalam Pertandingan Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (15/9). Bali United menang dengan skor 2-1.
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Striker Bali United Sylvano Comvalius (kanan) mengekspresikan kegembiraannya setelah berhasil membobol gawang Persija Jakarta dalam Pertandingan Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (15/9). Bali United menang dengan skor 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pertarungan antara klub-klub Liga 1 terus berlanjut. 16 klub menyelesaikan pekan ke-24. Hanya tertinggal Borneo FC dan Persib Bandung yang baru memainkan 23 pertandigan karena PT Liga Indonesia Baru selaku operator menunda laga keduaya lantaran tuan rumah Pesut Etam sedang dikenai sanksi.

Keseruan pekan ke-24 diawali dengan pamer ketangguhan Bhayangkara FC di markas Semen Padang. Walau main di Stadion Haji Agus Salim, Kota Padang, Jumat (15/9) The Guardian mampu membungkus raihan angka penuh untuk dibawa pulang ke Bekasi.

Bhayangkara menang tipis dengan skor 1-2. Padahal tuan rumah mampu menghentak sejak awal-awal laga. Pemain sayap lincah Riko Simanjuntak membawa Kabau Sirah unggul lebih dulu pada menit ke-16.

Tetapi terlalu semangat pada babak pertama membuat stamina pasukan Nil Maizar turun di babak kedua. Hal itulah yang dimanfaatkan anak-anak asuh Simon McMenemy untuk membalas dua gol. Yakni melalui Otavio di menit 57 dan striker tajam Ilija Spasojevic di menit 94.

Kemenangan ini membuat klub milik Korps Kepolisian RI itu mempertahankan posisi teratas klasemen Liga 1. Spasojevic dan kawan-kawan kini mengoleksi 49 angka.

Pada hari yang sama, Bali United juga beraksi untuk menjaga jarak dengan Bhayangkara FC. Serdadu Tridatu menjamu Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Bali United yang dikenal sebagai tim tertajam di Liga 1 hanya mampu menang tipis kali ini di kadang sendiri.

Bali menang dengan skor 2-1. Anak-anak asuh Widodo Cahyono Putro unggul lebih dulu lewat top skorer sementara Liga 1, Sylvano Comvalius pada menit sembilan hasil umpan dari Irfan Bachdim. Gol tersebut merupakan yang ke-26 bagi Sylvano di Liga 1. Jumlah golnya semakin menjauhi catatan para pesaing gelar sepatu emas musim ini.

Tak hanya piawai mencetak gol, Sylvano juga unjuk kebolehan dengan assist. Pemain 29 tahun asal Belanda itu gantian melepaskan assist buat gol Bachdim pada menit 18. Gol ke enam Bachdim di Liga 1 itu sekaligus menjadi catatan assist ke enam buat Sylvano.

Persija yang dikenal punya pertahanan tangguh hanya mampu membalas satu gol di laga ini. Kapten tim Bambang Pamungkas mencatatkan namanya di papan skor pada menit 61 lewat sundulan akurat.

Kemenangan penting juga diraih tim peringkat tiga PSM Makassar dan peringkat empat Persipura Jayapura. Keduanya main di hari yang sama yakni pada Ahad (17/9). Mutiara Hitam menjamu klub papan bawah Persiba Balikpapan di Stadion Mandala.

Ian Luis Kabes dan kawan-kawan menang dengan skor akhir 4-2. Kemenangan tim racikan Wanderley Junior tercipta berkat gol Ricardo Salampessy, Addison Alves, bunuh diri pemain Persiba Khoerudin dan gol penutup Osvaldo Hay pada pengujung laga.

Beruang Madu yang masih sulit bangkit pascaditinggal pelatih Milomir Seslija sempat memperkecil kedudukan menjadi 3-2 masing-masing satu gol oleh Chalwa dan Irhas. Kemenangan atas Persiba sempat membuat Persipura naik ke peringkat tiga menggusur PSM.

Karena, Persipura lebih dulu memainkan lag di Jayapura karena berada di zona Waktu Indonesia Timur. PSM yang bermain di Sumatera Selatan kandang Sriwijaya FC di Stadion Jakabaring pada malam harinya tak mau posisinya diambil Persipura. Juku Eja menekuk Laskar Wong Kito 4-3.

Aksi saling balas terjadi antara dua klub besar ini. Sriwijaya yang juga dijuluki Elang Andalas unggul 2-0 lebih dulu atas Ayam Jantan dari Timur. Duo Brasil Hilton Moreira dan Beto Goncalves mencetak masing-masing satu gol.

Mesin PSM baru panas sejak babak kedua dimulai. Ferdinand Sinaga memperlihatkan ketajamannya ke gawang bekas timnya itu dengan mencetak balasan pertama PSM pada menit ke-60. Marquee player Willem Jan Pluim pun turut menyumbang gol pada menit ke-62.

Marquee Sriwijaya FC, Tijani Belaid sempat membawa Sriwijaya kembali memimpin 3-2 pada menit ke-68. Tetapi, Sinaga membuat publim tuan rumah kembali terdiam tiga menit kemudian karena ia kembali menggetarkan jala Teja Paku Alam.

Kemenangan PSM disempurnakan oleh bek Steven Paulle yang maju membantu serangan pada menit ke-74. PSM pun membungkus kemenangan 4-3 dan membuat Persipura kembali turun ke posisi empat. PSM hanya unggul selisih gol atas Mutiara Hitam. Keduanya sama-sama punya 45 angka.

Madura yang kembali ingin bangkit juga meraih hasil positif. Laskar Sape Kerab mampu memutus catatan laga tandang yang buruk saat main di Bogor markas PS TNI. Di Stadion Pakansari Cibinong, Senin (18/9), MU menang 3-2. Gelontoran gol-gol dari Bayu Gatra, Munhar dan Dane Milovanovic hanya dibalas dua kali oleh PS TNI lewat kaki

Soon-Hak-Hong dan Elio Martins. Madura menguntit di peringkat lima dengan nilai 42.

Klasemen pekan ke-24 Liga 1 Indonesia. (Sumber: Twitter/@Liga1Match)

 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement