Jumat 22 Sep 2017 03:14 WIB

Barcelona Hadapi Girona di Tengah Memanasnya Politik di Cat

Barcelona
Barcelona

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Di tengah memanasnya suhu politik di Catalunya terkait dilarangnya referendum kemerdekaan, tim pemuncak klasemen Barcelona akan mengunjungi markas sesama tim Katalan Girona pada Sabtu (23/9), pada derby yang akan dimainkan dengan dilatar belakangi masalah kekerasan regional.

Krisis seputar upaya terkini Catalunya untuk merdeka terjadi pada awal pekan ini, ketika polisi Spanyol menggrebek kantor-kantor pemerintah Katalan dan menahan sejumlah pejabat untuk mencegah referendum pada 1 Oktober, hal itu memicu protes massa di Barcelona dan sejumlah kota Katalan lainnya.

Terletak 100 kilometer dari Barcelona, kota Girona banyak dihuni warga pro kemerdekaan dan atmosfer panas dengan sentimen anti Spanyol diperkirakan akan muncul di Stadion Montilivi. Bagaimanapun, situasi politik yang ada tidak mencegah Barcelona menikmati start bagus di musim ini.

Klub itu selalu menegaskan identitas Katalan mereka dan mengatakan pada pekan ini bahwa mereka tetap percaya sepenuhnya terhadap "komitmen sejarah mereka untuk... menentukan nasib sendiri."

Bagaimanapun, terlepas dari masalah di luar lapangan, Barca sedang memacu kecepatan di Liga Spanyol setelah mengawali musim dengan gemilang. Mereka menghancurkan Eibar dengan skor 6-1 pada tengah pekan untuk mempertahankan rekor 100 persen mereka setelah lima pertandingan, dan telah unggul tujuh poin atas Real Madrid setelah sang seteru abadi gagal mengimbangi kecepatan pada awal musim.

Fakta lain yang semakin membuat cemas lawannya pada Sabtu (23/9) adalah Lionel Messi terlihat sedang menikmati kehidupan di bawah asuhan pelatih baru Ernesto Valverde. Empat gol pemain Argentina ini pada Rabu berarti ia telah mengoleksi sembilan gol dari lima pertandingan Liga Spanyol musim ini, dan Valverde tidak segan untuk turut menyanjung Messi.

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement