Sabtu 23 Sep 2017 18:28 WIB

Morata Dinilai Bisa Gantikan Costa

Rep: Lintar Satria/ Red: Andri Saubani
Reaksi striker Chelsea, Alvaro Morata pada babak pertama Liga Primer Inggris lawan Arsenal di Stamford Bridge, Ahad (17/9).
Foto: AP/Frank Augstein
Reaksi striker Chelsea, Alvaro Morata pada babak pertama Liga Primer Inggris lawan Arsenal di Stamford Bridge, Ahad (17/9).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan striker Chelsea, Andriy Shevchenko mengatakan, Alvaro Morata dapat membantu Chelsea mempertahankan gelar Liga Primer walaupun Diego Costa sudah hengkang. Hal ini ia katakan pada Best Fifa Football Award di London. "Mereka menemukan pemain yang sangat bagus di Morata," kata Shevchenko, Sabtu (23/9).

Chelsea sudah sepakat untuk menjual kembali Costa ke Atletico Madrid. Kesepakatan ini mengakhir konflik pemain berusia 28 tahun tersebut dengan klub asal London.

Sementara, Morata didatangkan dari Real Madrid pada bulan Juli lalu dengan nilai tranfer sebesar 58 juta poundsterling. Ia langsung dapat menyesuaikan dirinya di Liga Primer walaupun gaya bermainnya tidak sekeras Costa.

Pemain berusia 24 tahun itu sudah mencetak tiga gol. Shevchenko yang bermain di Chelsea selama tiga musim yakin Morata masih bisa melakukan lebih banyak hal lagi di Inggris. "Dia beradaptasi dengan sangat baik. Mereka pemain yang sangat berbeda. Costa tidak akan senang bila dipertahankan. Anda harus menggantinya dan saya pikir klub saya sangat dengan bursa trander dan mereka menemukan pemain yang mereka cari," katanya.

Ketika Costa yang tidak pernah ragu untuk bertarung dengan bek lawan, Morata lebih bermain lebih halus. Ia melakukan gerakan yang tenang dan dapat menemukan ruang di kotak penalti lawan. Beberapa pihak menyatakan hasil seri 0-0 saat menghadapi Arsenal karena fisik Morata tidak tangguh untuk bermain di Inggris. Tapi Shevchenko tidak setuju dengan penilaian tersebut.

"Saya terkejur Morata bisa dapat menemukan ikatan yang tepat dengan rekan setimnya dengan sangat cepat. Tentu dia mengenal Pedro dangan sangat baik dan Eden Hazard tipe pemain yang cocok untuknya. Morata sangat bagus di kotak penalti dan mencetak banyak gol lewat kepalanya," kata Shevchenko.

Menurutnya saat melawan Arsenal, Morata menciptakan banyak peluang di sekitar kotak penalti. Ia selalu berlari dari sisi kiri dan kanan, menurut Shevchenko, pemain asal Spanyol tersebut juga selalu bermain dengan efektif.

 

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Liverpool Liverpool 7 6 0 1 13 11 18
2 Manchester City Manchester City 7 5 2 0 17 9 17
3 Arsenal Arsenal 7 5 2 0 15 9 17
4 Chelsea Chelsea 7 4 2 1 16 8 14
5 Aston Villa Aston Villa 7 4 2 1 12 3 14
sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement