Jumat 29 Sep 2017 11:46 WIB

Seedorf Kandidat Kuat Melatih Oldham Athletic

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ratna Puspita
Clarence Seedorf
Foto: bbc.co.uk
Clarence Seedorf

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER — Legenda dan mantan pelatih AC Milan Clerence Clyde Seedorf diberitakan selangkah lagi akan melatih klub Inggris Oldham Athletic. Seedorf berstatus free agent setelah selesai melatih klub Cina Shenzhen 2016.

Ia difavoritkan melatih The Latics sejak klub yang bermain di League One atau kompetisi kasta ketiga Inggris itu memecat pelatih John Sheridan akhir pekan lalu. "Bekas pemain AC Milan dan Real Madrid Clerence Seedorf adalah satu-satunya kandidat untuk melatih Latics," tulis laporan media Inggris Mirror, Jumat (29/9).

Seedorf diketahui sudah tiba di Kota Manchester. Pelatih asal Belanda berdarah Suriname itu sudah meninjau lokasi latihan tim dan melihat-lihat fasilitas klub yang bermarkas di Stadion Boundary Park itu. Seedorf dikabarkan sudah melakukan banyak komunikasi dengan pimpinan Oldham Simon Corney.

Simon menemani Seedorf berkeliling markas Oldham dan menikmati makan malam bersama di salah satu restoran mewah di Manchester. Dalam waktu dekat, legenda yang mengoleksi empat tropi Liga Champions semasa jadi pemain itu akan menandatangani kontrak untuk klub tersebut.

Karir bekas pemain Timnas Belanda itu sebagai pelatih terbilang masing singkat. Ia melatih Milan setengah musim pada periode 2013-2014 menggantikan Massimiliano Allegri. Ia tak dipertahankan Milan karena gagal finis di zona Liga Champions. Musim berikutnya Seedorf digantikan oleh bekas rekannya Filippo Inzaghi.

Pada Juli 2016, Seedorf menerima pinangan klub kasta kedua sepak bol Cina Shenzhen. Di sana ia pun gagal membawa klub tersebut promosi ke Liga Super Cina dan kemudian digantikan oleh bekas pelatih SS Lazio dan Timnas Inggris Sven Goran Eriksson. Setelah itu Seedorf absen dari dunia sepak bol profesional.

Tapi sebagai pemain Seedorf punya nama besar yang abadi di mata pecinta sepak bola Eropa. Seedorf memenangkan empat Liga Champions ketika bermain bersama Ajax Amsterdam, Real Madrid dan AC Milan.

Prestasi itu dilengkapi dengan dua gelar juara Liga Belanda, satu La Liga Spanyol dan dua Serie A Italia. Ia pernah menyabet gelar gelandang terbaik Eropa dari UEFA pada tahun 2007.

Oldham membutuhkan insting melatih dan nama besar Seedorf untuk bisa menginspirsi tim memperbaiki performa. Oldham kini terperosok ke peringkat 23 atau dua terbawah di tabel klasemen League One. Dari 10 pertandingan Brian Wilson dan kawan-kawan baru memenangkan dua pertandingan. Selebihnya main imbang satu laga dan tujuh kali kalah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement