Ahad 01 Oct 2017 16:57 WIB

Milito: Spalletti Pilihan Terbaik untuk Inter

Mantan striker Inter Milan, Diego Milito.
Foto: EPA/Matteo Bazzi
Mantan striker Inter Milan, Diego Milito.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN — Mantan penggawa Inter Milan Diego Milito memuji keputusan bekas klubnya memilih Luciano Spaletti untuk mengantikan Stefano Pioli. Milito mengungkapkan keyakinannya bahwa langkah tersebut akan menjadi pilihan tepat. 

Nerazzurri memecat mantan Pioli sesaat sebelum akhir musim lalu, setelah musim Serie A yang kurang mengesankan. Nerazzurri finis di uruta tujuh klasemen Liga Italia Serie A 2016/2017 sehingga gagal berlaga di Eropa musim ini. 

Antonio Conte dan Diego Simeone sempat muncul dalam calon pengganti Piolo, yang sekarang menjadi juru taktik Fiorentina. Namun, Inter pada akhirnya menunjuk Spaletti. Milto mengatakan mantan pelatih AS Roma itu merupakan pilihan terbaik bagi Inter.

“Karier dan pencapaian di semua klub tempat dia bekerja sudah menunjukkannya,” kata pria asal Argentina itu ketika berbincang dengan Corriere dello Sport, dilansir dari Football Italia, Ahad (1/10). 

Spaletti pernah mengantar Roma dua kali juara Coppa Italia pada 2007 dan 2008. Dia juga pernah mengantarkan Zenit St Petersburg juara dua kali Liga Primer Rusia dan satu kali meraih titel Piala Rusia. 

Milito mengatakan, kepiawaian Spaletti menjadi juru taktik sebuah tim sudah terlihat ketika dia masih merumput di Italia. Kendati belum mengenalnya secara pribadi, dia mengatakan, Spaletti adalah salah satu pelatih terbaik di Italia. 

Menurut Milito, tidak pernah mudah untuk menghadapi tim yang diarsiteki oleh Spaletti. “Lalu, musim panas ini, ketika berada di Cina bersama Inter, saya dapat melihat secara langsung betapa bagusnya dia,” kata pemain yang mengantar Inter juara Liga Champions pada 2010. 

Milito berpendapat pelatih 58 tahun itu sangat siap menghadapi tekanan di lapangan. Dari sudut pandang psikologis, dia menerangkan, Spaletti telah melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk dengan cepat menghidupkan semangat sebuah tim yang mengalami hasil buruk musim lalu. 

Spalletti telah mengantar Inter mengoleksi 16 poin dari enam pertandingan pertama mereka di Serie A musim ini. Poin itu menunjukkan Nerazzurri hanya tertinggal dua angka dari dua tim yang memimpin klasemen sekarang ini yakni Juventus dan Napoli. 

Meskipun Interi kadang tampil kurang meyakinkan ketika meraih kemenangan, Milito meyakini tim ini masih akan berkembang di bawah Spaletti. Dia mengatakan Spaletti masih punya waktu untuk membentuk Inter menjadi tim tangguh di Italia. 

“Tentunya ada jurang yang cukup besar untuk melakukan perbaikan karena ada beberapa pemain baru dan lebih dari apapun, telah terjadi perubahan pelatih. Belum sampai tiga bulan lalu, tim yang sekarang ini belum ada dan Spaletti belum memulai kerjanya. Sangat penting untuk memberikan dia waktu,” kata pria 38 tahun itu, menerangkan.

Hal positif sekarang ini, Milito menuturkan, Inter memiliki hasil yang bagus, bahkan lebih baik dibandingkan ekspektasi banyak orang. Nerazzurri juga memeragakan permainan yang cukup solid dan seimbang. Ia menerangkan Inter tidak akan meraih itu semua pada awal musim kalau tidak memiliki pondasi yang bagus dan pelatih yang luar biasa. 

"Saya pikir para direktur telah membuat pembelian cerdas. Ada juga beberapa prospek penting seperti (Milan) Skriniar, tapi Spalletti telah mengesankan saya dengan cara kerjanya,” kata dia. 

Milito menambahkan meski Inter memulai Serie A musim ini dengan baik namun kembali ke Liga Champions harus tetap menjadi target utama klub untuk musim depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement