Ahad 01 Oct 2017 20:11 WIB

Referendum Katalan Ricuh, Barca Vs Las Palmas Terancam Batal

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Ratna Puspita
Tanda pro-referendum dan bendera kemerdekaan Katalunya pada laga Girona dan FC Barcelona di Stadion Montivili, Girona, Katalunya, Spanyol, Sabtu (23/9).
Foto: EPA-EFE/Andreu Dalmau
Tanda pro-referendum dan bendera kemerdekaan Katalunya pada laga Girona dan FC Barcelona di Stadion Montivili, Girona, Katalunya, Spanyol, Sabtu (23/9).

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Laga Barcelona kontra Las Palmas di ajang La Liga Spanyol yang sedianya dilaksanakan Senin (2/10) dini hari WIB terancam diundur hingga waktu yang tak ditentukan. Dikutip dari Independent, sejumlah sumber menyebut Barcelona yang mengajukan pengunduran tersebut.

Gagasan ini disampaikan oleh Barcelona berkenaan dengan kericuhan di wilayah Katalunya akibat proses pemungutan suara untuk referendum. Di wilayah timur Spanyol itu, sejumlah bentrokan besar terjadi antara kepolisian dan warga Katalan.

Banyak warga terluka dan terpaksa batal mengikuti referendum. Di saat bersamaan, banyak pula warga yang tak bisa menyampaikan hak suaranya karena adanya upaya pelarangan dari kepolisian.

"Tapi jika sampai pertandingan melawan Las Palmas diundur maka Barca bisa terkena sanksi larangan berlaga enam bulan," demikian tulis laporan tersebut, dikutip Ahad (1/10).

Katalunya atau Katalan merupakan komunitas otonom di Spanyol. Kondisi di Katalunya memang sedang tak menentu menyusul langkah pemerintah setempat yang nekat melaksanakan referendum meski sudah dilarang Pemerintah Spanyol. Referendum ini diadakan bertujuan meminta pendapat warga Katalunya apakah masih ingin bersatu dengan Spanyol atau berpisah alias merdeka. 

Klasemen Liga Spanyol 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Barcelona Barcelona 8 7 0 1 25 16 21
2 Real Madrid Real Madrid 9 6 3 0 19 13 21
3 Villarreal Villarreal 9 5 2 2 17 0 17
4 Atletico Madrid Atletico Madrid 8 4 4 0 12 8 16
5 Athletic Club Athletic Club 9 4 3 2 12 4 15
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement