Senin 02 Oct 2017 01:15 WIB

Newcastle Tahan Imbang Liverpool 1-1

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ayoze Perez
Foto: Andrew Yates/Reuters
Ayoze Perez

REPUBLIKA.CO.ID, NEWCASTLE -- Liverpool FC kembali gagal meraih kemenangan di pekan ke-7 Liga Inggris 2017/2018 saat tandang ke markas Newcastle United. Laga antara kedua kesebelasan di Saint James Park Stadium, pada Ahad (1/10), berakhir imbang dengan skor 1-1.

Hasil imbang ini, menjadi yang ketiga kali bagi Liverpool di awal kompetisi musim ini. Sementara bagi Newcastle, imbang kali ini, menjadi yang pertama sepanjang musim berjalan.

Meski sama-sama gagal meraih tiga angka. Namun, kedua kesebelasan berhasil mendongkrak posisi dengan perolehan satu angka. Liverpool, kini berada di peringkat ke-7, dengan nilai 12 angka di tangga klasemen sementara. Newcastle, menempati posisi ke-9, dengan nilai 10 angka.

Saat pertandingan, Rafael Benitez bermain dengan formasi 4-2-3-1. Joselu, dia andalkan sebagai striker tungal. Tiga gelandang, Matt Ritchie dan Ayoze Perez, bersama Christian Atsu, ikut membantu serangan.

Sedangkan pelatih Jurgen Klopp, bermain menyerang dengan formasi 4-3-3. Ada Saido Mane di posisi gelandang serang kiri, dan Mohammed Salah di kanan. Keduanya membantu Daniel Sturridge yang dipasangkan sebagai striker di lini depan.

Permainan cepat sebetulnya disajikan masing-masing kesebelasan saat laga. Tetapi, sampai setengah jam pertandingan, tak ada gol yang terjadi. Pada menit ke-31, Liverpool menjadi tim pembuka keunggulan. Lewat gol gelandang bertahan Philippe Countinho, timnya unggul sementara dengan skor 0-1.

Namun, keunggulan tim tamu tak bertahan lama. Pada menit ke-37, Newcastle menyamakan kedudukan. Lewat gol gelandang tengah Ayoze Perez, papan skor menjadi imbang 1-1. Skor seri itu, pun bertahan sampai babak pertama pungkas.

Pada babak kedua, upaya kedua kesebelasan kembali mencetak gol tak ada yang makbul. Liverpool, yang menguasai lalu lalang bola sampai 65 persen, tak mampu menembus lini pertahahan tuan rumah. Begitu juga bagi Newcastle, upaya meraih tiga angka di kandang sendiri, kerap kandas di kaki-kaki para pemain tamu.

Rombak komposisi pemain dilakukan dua pelatih agar mampu membuahkan gol. Pada menit ke-74, Benitez menarik satu gelandang bertahannya Mikel Merino dan memainkan gelandang serang, Issac Hayden.

Klopp, menjawab itu dengan menarik dua pemain sekaligus. Riberto Firmino dan Dominic Solanke masuk menggantikan Sturridge juga Sadio Mane. Pergantian pemain tersebut, mampu membuat the Reds, tampil lebih tajam.

Akan tetapi, tetap saja Liverpool tak mampu memanfaatkan peluang menambah jumlah gol. Pada menit ke-79, Benitez kembali mengganti satu pemainnya. Joselu ditarik keluar, posisinya digantikan Dwight Gayle.

Namun, sampai menit ke-90, angka di papan skor tetap. Tambahan waktu beberapa menit dari wasit, tak berhasil membuat kedua kesebelasan mengubah papan skor. Sampai pertandingan usai, skor 1-1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement