Senin 02 Oct 2017 11:50 WIB

Respons Referendum Katalan, Pendukung Madrid Kibarkan Bendera Spanyol Vs Espanyol

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah
Pendukung Real Madrid mengibarkan bendera Spanyol saat melawan Espanyol, Senin (2/10) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/J.P.GANDUL
Pendukung Real Madrid mengibarkan bendera Spanyol saat melawan Espanyol, Senin (2/10) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Ada yang unik pada laga pekan ketujuh La Liga Spanyol yang mempertemukan Real Madrid dengan Espanyol di Santiago Bernabeu, Senin (2/10) dini hari WIB atau Ahad (1/10) malam waktu setempat. Penggemar Los Blancos yang hadir menyaksikan langsung pertandingan, mengibarkan bendera Spanyol.

Aksi ini merupakan respons terhadap referendum yang digelar di Katalunya pada Ahad, untuk mengetahui sikap warga setempat memilih terus bergabung dengan Spanyol atau memerdekakan diri. Kebetulan, Espanyol merupakan satu dari tiga tim asal Katalunya di La Liga Primera selain Barcelona dan Girona

Suporter Madrid yang beramai-ramai mengangkat bendera Spanyol pada menit ke-12. Seperti dilansir dari AS, bendera Spanyol dibentangkan pada menit ke-12 yang identik dengan suporter sebagai simbol pemain ke-12 dalam dunia sepak bola.

Namun aksi tersebut tidaklah secara spontan, tapi sudah dikoordinasikan terlebih di antara mereka. Hal itu dibuktikan dengan adanya pembagian selebaran di jalanan di sekitar Santiago Bernabeau menjelang laga.

"Simpan ini di kantong kalian dan pada menit ke-12 angkatlah dan tunjukkan benderanya, karena kita adalah orang ke-12 dan kita semua Spanyol," tulisan yang ada di balik selebaran tersebut.

Referendum Katalan sempat memantik kerusuhan akibat sikap represif petugas keamanan Spanyol. Barcelona pun melancarkan protes menggelar laga kandang melawan Las Palmas tanpa penonton setelah permintaan pihak Los Cules untuk menunda laga ditolak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement