Senin 02 Oct 2017 17:16 WIB

Jamu Persija, Sriwijaya FC tanpa Tijani Belaid

Rep: Maspril Aries/ Red: Ratna Puspita
Pesepak bola Sriwijaya FC Tijani Belaid.
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Pesepak bola Sriwijaya FC Tijani Belaid.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Setelah didera kekalahan pada laga pekan ke-27 Liga 1 Indonesia dari Mitra Kukar dengan skor 2-0, Sriwijaya FC kembali ke Palembang untuk menjamu Persija Jakarta. Laga pekan ke-28 itu akan digelar di Stadion Bumi Sriwijaya pada Sabtu (7/10).

Laga melawan tim berjuluk Macan Kemayoran akan menjadi ujian berat bagi Sriwijaya FC, yang kini terdampar di papan bawah atau pada peringkat ke-13 klasemen sementara Liga 1 Indonesia. Pada laga tersebut, tim berjuluk Laskar Wong Kito tidak akan bermain dengan kekuatan terbaik karena pemain tengah yang juga marquee player Tijani Belaid tidak bisa dimainkan.

Pemain asing asal Tunisia tersebut akan absen karena terkena hukuman akumulasi kartu kuning. Kartu kuning diterima Tijani Belaid saat laga melawan Mitra Kukar. Wasit Yeni Krisdianto memberikan kartu kuning karena menganggap Tijani melakukan aksi diving di area kotak penalti Mitra Kukar.

“Hukuman kartu kuning seharusnya tidak perlu terjadi karena memang Tijani tidak bermaksud melakukan diving. Mungkin wasit punya pandangan lain. Untuk menghadapi Persija, kami akan siapkan penggantinya,” kata pelatih Sriwijaya FC Hartono Ruslan, Senin (2/10). 

Hartono mengaku absennya Tijani Belaid saat menjamu Persija sangat merugikan Sriwijaya FC. Sang marquee player tersebut sangat dibutuhkan untuk menopang serangan Sriwijaya FC dengan ujung tombak Alberto Goncalves. Selama memperkuat Sriwijaya FC tendangan bebasnya dan umpannya kerap menjadi pemecah kebuntuan Sriwijaya FC.

Sampai laga pekan ke 27 Liga 1 Indonesia, Tijani sudah menyumbangkan tiga gol dan dan delapan assist  atau umpan gol bagi pemain Sriwijaya FC lainnya.  Salah satu umpan golnya terjadi saat laga kandang melawan Persela Lamongan (26/9), umpan dari tendangan bebasnya mampu dimanfaatkan oleh Marco Meraudje untuk menciptakan gol bagi Sriwijaya FC.

Pemain depan Hilton Moreira mengatakan menghadapi Persija merupakan laga penting bagi Sriwijaya FC dan para pemain juga sudah bertekad tidak akan kehilangan poin penuh di kandang sendiri.  “Kami tidak boleh menyerah dan terus berjuang, jangan menentukan nasib dengan orang lain. Persiapan harus matang, agar memenangkan pertandingan nanti,” katanya.

Saat ini pada klasemen sementara Liga 1 Indonesia, Sriwijaya FC berada di peringkat 13 dengan 31 poin. Calon lawan Persija berada di peringkat enam dengan 46 angka. 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 5 4 1 0 9 7 13
2 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 5 4 1 0 6 4 13
3 PSM Makassar PSM Makassar 5 3 1 1 8 5 10
4 Persib Bandung Persib Bandung 5 2 3 0 9 4 9
5 Bali United Bali United 5 2 2 1 5 2 8
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement