Kamis 05 Oct 2017 06:26 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Southgate Belum Tentukan Kapten Tim untuk Piala Dunia 2018

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Israr Itah
Harry Kane
Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Harry Kane

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate belum memutuskan sosok yang akan menjadi kapten the Three Lions pada Piala Dunia 2018. Selama kualifikasi, para pemain Inggris bergantian menjadi kapten.

Striker Tottenham Hotspur Harry Kane akan memimpin Inggris saat menjamu Slovenia di Stadion Wembley, Jumat (6/10) dini hari WIB. Kemenangan atas Slovenia akan memastikan tempat bagi mereka di final Piala Dunia musim panas mendatang di Rusia.

"Kami memiliki beberapa pemain yang menurut saya bisa melangkah ke dalam tim sekarang, dan itu bisa menguntungkan kami," kata Southgate, dilansir dari BBC, Kamis (5/10).

Pelatih berusia 47 tahun ini mengatakan, pemilihan kapten bukan hanya soal hari pertandingan. Melainkan,menyangkut semua hal di sekitar kamp, bagaimana mengintegrasikan skuat dan melibatkan pemain lain. Ia mengaku membutuhkan sosok yang bisa melangkah maju dan memimpin dengan contoh dan kata-kata yang tenang.

"Ada banyak hal yang mengarah pada pembuatan kapten yang baik, itu tidak akan terjadi dalam semalam. Kita berbicara tentang pengalaman kepemimpinan yang datang dalam jangka waktu yang lebih lama," tambahnya.

Di bawah asuhan Southgate, kapten Liverpool Jordan Henderson telah mengenakan ban kapten sebanyak empat kali, Kane dua kali. Sedangkan bek Chelsea, Gary Cahill, dan kiper West Ham, Joe Hart, masing-masing pernah satu kali mengenakan ban kapten Inggris. Sementara kapten Wayne Rooney telah pensiun dari timnas pada Agustus lalu.

Kane mengatakan bahwa dia sangat menanti-nantikan waktu untuk memimpin tim negaranya di kandang. Setelah sebelumnya, ia mngenakan  ban kapten saat melakukan lawatan ke Glasgow dan Paris. Kane telah mencetak 13 gol dalam delapan pertandingan untuk Tottenham dan timnas Inggris pada September lalu.

"Tumbuh sebagai anak kecil yang selalu ingin bermain untuk negara Anda dan bermimpi menjadi kapten, terutama berjalan di Wembley. Itu akan menjadi hal yang menakjubkan bagi saya secara pribadi," kata Kane. 

Baca juga: Kane Jadi Kapten Inggris Lawan Slovenia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement