Kamis 05 Oct 2017 22:54 WIB

Suriah Tahan Australia pada Play-Off Kualifikasi Piala Dunia

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Suriah vs Australia.
Foto: REPUBLIKA/Mardiah
Suriah vs Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, MALAKA -- Suriah menahan imbang tamunya Australia pada leg pertama play-off kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia, Kamis (5/10) malam WIB. Laga yang digelar di Stadion Hang Jebat, Malaysia itu, berakhir dengan skor 1-1.

Suriah tertinggal lebih dulu akibat gol Australia yang dibuat oleh Robbie Kruse pada menit ke-40. Namun, menjelang laga berakhir Suriah bisa menyamakan kedudukan lewat Omar Al Somah.

Atas hasil seri ini, tugas berat menanti Suriah untuk bisa melaju ke fase play-off pamungkas melawan peringkat keempat zona CONCACAF. Itu karena leg kedua akan dilaksanakan di markas Australia, 10 Oktober.

Jalannya laga

Australia unggul lebih dulu pada babak pertama. Gol ini lahir dari proses serangan tajam via sisi kiri pertahanan Suriah. Diawali dari umpan terobosan bek kanan Milos Degenek ke kiri pertahanan Suriah, bola mampu diterima dan dikendalikan oleh Mathew Leckie. Sayap kanan Australia ini dengan lincah bisa merusak tembok kiri pertahanan Suriah dengan melewati bek-bek lawan.

Setelah mendapatkan ruang tembak, Leckie langsung melepaskan tendangan dengan kaki kirinya. Namun, bola melaju pelan.

Pada momen tersebut, Kruse muncul di antara kawalan bek Suriah untuk memotong bola dan meneruskannya ke gawang. Skor 1-0 untuk Australia bertahan hingga peluit panjang tanda babak pertama selesai.

Pada babak kedua, Suriah yang belum terkalahkan di stadion Hang Jebat dalam enam laga kualifikasi terus mengejar ketinggalan. Usaha tanpa henti yang tim besutan Ayman Hakeem ini tunjukkan pun tak sia-sia.

Lima menit jelang waktu normal selesai, Suriah mendapatkan hadiah tendangan penalti. Striker andalan tim berjuluk the Lions ini, Omar Al Somah bisa menunaikan tugasnya dengan baik. Skor 1-1 nyaris berubah menjadi 2-1 setelah Suriah melepas serangan gencar dalam empat menit tambahan waktu. Sayang, gol yang dicari tim dari negara yang tengah dilanda perang saudara itu tak datang hingga laga berakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement