Jumat 06 Oct 2017 00:44 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Inggris Berburu Angka dari Slovenia demi Tiket ke Rusia

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Inggris vs Slovenia.
Foto: REPUBLIKA/Mardiah
Inggris vs Slovenia.

REPUBLIKA.CO.ID,  WEMBLEY -- Tim nasional Inggris berupaya mencari kemenangan demi memuluskan langkah mereka untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Untuk itu Tiga Singa harus turun dengan kekuatan penuh saat menjamu Slovenia di Stadion Wembely pada Jumat (6/10) dini hari ini.

Sebagai salah satu tim yang diunggulkan menjadi kandidat juara Piala Dunia 2018, Inggris bisa dikatakan tampil sempurna pada fase kualifikasi. Mereka tidak terkalahkan pada delapan pertandingan Grup F. Marcus Rashford dan kawan-kawan memuncaki klasemen dengan nilai 20. Slovakia berada di tempat kedua dengan 15 poin.

Inggris hanya membutuhkan hasil imbang untuk memastikan diri terbang ke Rusia tahun depan. Untuk itu pasukan Gareth Southgate dituntut bekerja keras agar bisa meraih tiket nyaman untuk pergi ke Negeri Beruang Merah.

Adapun Slovenia yang akan dihadapi dalam pertandingan kesembilan ini berada di peringkat tiga klasemen Grup F dengan raihan 14 poin. Slovenia diprediksi akan tampil habis-habisan karena hanya terpaut satu angka dari Skotlandia di peringkat kedua. Tim asuhan Srecko Katanec bakal tampil ngotot demi bisa merebut kesempatan masuk ke babak play-off Piala Dunia 2018.

Full bek Inggris, Ryan Bertrand, bekeras bahwa dirinya dan rekan setim belum memikirkan soal putaran final Piala Dunia dan mereka masih fokus untuk bertanding di putaran kualifikasi dengan dua laga tersisa.

"Semuanya belum berakhir, kami dalam mindset yang amat sangat positif. Pekerjaan kami belum selesai dan kami akan coba meraih enam poin," tegas pemain Southampton jelang laga melawan Slovenia dilansir BBC.

Slovenia sudah menunjukan bahwa mereka punya kemampuan untuk menahan Inggris. Pada pertemuan pertama, mereka sukses menahan imbang The Three Lions dengan skor 0-0. Namun dua lawatan terakhir mereka ke tanah Ratu Elizabeth itu tidak berjalan mulus setelah mereka dikalahkan 1-3 pada partai kualifkasi Piala Eropa 2016 dan kalah 1-2 pada ajang uji coba. Oleh karenanya Slovenia akan mendapat tugas berat untuk mencuri poin di Wembley nanti.

"Semua pertandingan Internasional terasa sulit. Slovenia membutuhkan poin, namun kami juga. Bagi saya pribadi, dengan pendukung yang akan ada di belakang kami, bakal hebat memastikan lolos di depan fan sendiri, namun kami masih harus bekerja keras," sambung dia.

Sementara itu, kapten Slovenia Bostjan Cesar sadar akan ancaman yang dapat diberikana oleh striker Inggris, Harry Kane.

"Saya melihat Kane dalam kondisi bagus, tapi Inggris juga memiliki beberapa pemain berkualitas lainnya. Jadi saya meminta kepada rekan tim untuk tetap memperhatikan setiap pergerakan lawan," kata dia dikutip Sport24

Lebih lanjut, Cesar menilai bahwa timnya datang ke sini dengan semangat yang besar demi lolos ke putaran final Piala Dunia. Tim berjuluk The Boys senidri tidak takut dengan lawatannya kali ini.

"Kami menghormati Inggris, tapi kami tidak takut pada mereka. Terakhir kali kami memainkan laga di rumah dan itu lebih mudah. Sekarang kami harus fokus untuk keseluruhan pertandingan, jika tidak kami bisa dihukum dengan hasil akhir yang menyakitkan."

Pelatih Katanec kemungkinan masih akan memainkan skema 4-3-1-2 di mana Valter Birsa akan berperan sebagai playmaker di belakang dua striker Roman Bezjak dan Josip Illicic. Di lini pertahanan duet Miha Mevlja dan Bostjan Cesar akan bertugas meredam serangan Timnas Inggris, sementara Jan Oblak akan menjadi benteng terakhir mereka pada laga ini.

Berikut lima rekor pertemuan Timnas Inggris vs Slovenia:

12/10/16 Slovenia 0-0 Inggris

14/06/15 Slovenia 2-3 Inggris

16/11/14 Inggris 3-1 Slovenia

23/06/10 Slovenia 0-1 Inggris

05/09/09 Inggris 2-1 Slovenia

Prediksi susunan pemain 

Inggris: 4-3-3

Hart; Bertrand, Cahill, Stones, Walker; Livermore, Eric Dier, Henderson; Rashford, Sterling, Harry Kane

Slovenia: 4-3-1-2

Oblak; Jokic, Cesar, Mevlja, Skubic; Krhin, Kurtic, Verbic; Birsa; Bezkak, Ilicic

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement