Jumat 06 Oct 2017 06:29 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Inggris ke Piala Dunia, Southgate Minta Publik Tahan Kritikan

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.
Foto: EPA/Sascha Steinbach
Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih tim nasional Inggris Gareth Southgate mengatakan saat ini bukan waktunya untuk menganalisis kemenangan 1-0 dari Slovakia. Gol Harry Kane pada menit keempat injury time pada laga Grup F di Stadion Wembley, Jumat (6/10) dini hari WIB memastikan Inggris melaju ke Piala Dunia 2018.

Inggris yang difavoritkan akan menang tanpa kendala berarti ternyata harus berjuang keras di kandang mereka sendiri. Beberapa penonton bahkan terlihat membuat pesawat kertas untuk mengatasi kebosanan mereka selama menonton pertandingan ini.

"Kami tahu kami harus lebih baik lagi, tapi untuk hari esok. Malam ini, kami sebagai negara akan melaju ke Piala Dunia yang mana itu sangat luar biasa," kata Southgate, seperti dilansir dari ESPN.

Kini Inggris dipastikan lolos ke Piala Dunia setelah mengumpulkan 23 poin, unggul lima angka dari Skotalndia di posisi kedua Grup F. Southgate merasa anak asuhnya memiliki potensi yang bagus walaupun ia juga mengakui masih banyak yang harus dibenahi.

"Kami datang setelah melalui Piala Eropa, mereka harus berganti pelatih, sudah melalui banyak kesulitan dalam menghadapi kualifikasi ini. Tapi sekarang kami di sana (Piala Dunia) dan kami melihat kami sudah lebih baik sepanjang waktu," kata Southgate.

Tim asuhan Southgate kerap kali dikritik kurang bersemangat saat membela negara mereka. Tapi Southgate membela diri dengan mengatakan tim yang ia asuh hanya kebobolan empat kali. Ia yakin ini menjadi bukti keseriusan pemainnya saat berseragam the Three Lions.

"Anda melihat mengapa, mereka bertahan dengan tangguh, mereka mematahkan alur permainan ketika mereka harus melakukannya. Mereka tidak segan mendapatkan kartu kuning jika mereka harus melakukannya dan kami tidak setajam yang kami harapkan. Tapi kami bertahan dan ini bukan kebetulan kalau kami selalu mencetak gol pada menit terakhir," kata Southgate membela diri. 

Klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala DUnia 2018 Zona Eropa:

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement