Jumat 06 Oct 2017 09:28 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Zona Conmebol Sengit, Argentina Terancam tak Lolos

Logo Piala Dunia Rusia 2018
Foto: FIFA.com
Logo Piala Dunia Rusia 2018

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persaingan untuk memperebutkan tiga tiket tersisa ke Piala Dunia 2018dari zona Conmebol amat sengit setelah laga ke-17 digelar pada Jumat (6/10) WIB. Secara matematis, enam tim masih berpeluang lolos langsung menyusul Brasil, yakni Uruguay, Cile, Kolombia, Peru, Argentina, dan Paraguay.

Argentina bahkan terancam tak lolos ke Rusia meskipun lewat play-off melihat sengitnya persaingan di zona Amerika Selatan dan buruknya penampilan Tim Tango.

Argentina menempati posisi enam dengan nilai 25, terpaut satu angka di bawah Peru dengan nilai sama. Lionel Messi dkk hanya bisa menyesali kegagalan menaklukkan Peru di Estadio Alberto Jose Armando di Buenos Aires, Jumat pagi. Kedua tim bermain imbang 0-0 dan membuat Argentina tak bisa menentukan nasibnya sendiri untuk meraih tiket lolos langsung.

Andai menang lawan Ekuador pada laga terakhir, Lionel Messi dkk harus menantikan hasil akhir Kolombia vs Peru, Brasil vs Cile, dan Bolivia vs Uruguay. Skenario terbaik bagi Argentina adalah mereka menang sementara Kolombia dan Peru bermain imbang atau Brasil mengalahkan Cile.

Uruguay gagal memastikan tiket langsung lebih cepat karena hanya bermain imbang 0-0 melawan Venezuela. Uruguay kini menempati posisi kedua klasemen sementara dengan nilai 28. Hasil imbang melawan Bolivia yang sudah dipastikan tersingkir cukup mengantarkan Edinson Cavani dkk lolos ke Rusia.

Klasemen sementara Zona Conmebol

Cile merangsek ke posisi ketiga dengan nilai 26 setelah menaklukkan Ekuador 2-1. Hasil ini membuat Arturo Vidal dkk sekaligus memupus harapan Ekuador tampil pada putaran final Piala Dunia 2018.

Akan tetapi Cile menghadapi ujian terakhir yang berat karena harus melawan Brasil. Walau sudah dipastikan lolos, Brasil tak bakal memberikan kemenangan dengan mudah berkaca dari sejumlah laga terakhir yang Selecao jalani, termasuk ketika ditahan imbang Bolivia 0-0. Meski gagal menang, Brasil menurunkan tim terbaik dan mendominasi laga. 

Kemenangan atas Brasil akan menggaransi tiket Cile ke Rusia. Hasil imbang secara matematis belum cukup untuk meraih tiket langsung, bahkan tempat pada babak play-off.

Kolombia yang menempati posisi empat dengan nilai 26 menyesali kegagalan mempertahankan keunggulan. Sempat memimpin lewat Falcao pada menit ke-79, Paraguay mencetak dua gol pada akhir laga untuk memenangkan duel dengan skor 2-1. Padahal kemenangan akan memastikan Kolombia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Kolombia wajib menang pada laga terakhir melawan Peru. Jika imbang apalagi kalah, Peru atau Argentina siap menggantikan posisi mereka di empat besar.

Peru berada di posisi lima dengan nilai 25 sementaa Argentina terpaut satu angka di bawah Peru dengan nilai sama. Tim Tango hanya bisa menyesali kegagalan menaklukkan Peru di Estadio Alberto Jose Armando di Buenos Aires. Kedua tim bermain imbang 0-0 dan membuat Argentina tak bisa menentukan nasibnya sendiri untuk meraih tiket lolos langsung.

Andai menang lawan Ekuador pada laga terakhir, Lionel Messi dkk haru menantikan hasil akhir Kolombia vs Peru, Brasil vs Cile, dan Bolivia vs Uruguay. Skenario terbaik bagi Argentina adalah mereka menang sementara Kolombia dan Peru bermain imbang atau Brasil mengalahkan Cile.

Sementara Paraguay memperpanjang asa lolos lewat kemenangan atas Kolombia. Paraguay kini menempati posisi ketujuh dengan nilai 24. Paraguay wajib memetik kemenangan sembari berharap Cile, Kolombia atau Paru, serta Argentina kalah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement