Sabtu 07 Oct 2017 16:01 WIB

Chiellini: Italia Hilang Semangat Pascakalah dari Spanyol

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ratna Puspita
Para pemain Italia ketika menghadapi Makedoni di Stadion Olimpiade, Turin, Sabtu (7/10) dini hari WIB. Laga ini berkesudahan 1-1.
Foto: EPA-EFE/ALESSANDRO DI MARCO
Para pemain Italia ketika menghadapi Makedoni di Stadion Olimpiade, Turin, Sabtu (7/10) dini hari WIB. Laga ini berkesudahan 1-1.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Bek Italia Giorgio Chiellini mengakui ada banyak alasan untuk mencemooh penampilan Azzurri ketika ditahan imbang 1-1 oleh FYR Makedonia Stadion olimpico, Turin, pada laga kualifikasi Piala Dunia Grup G, Sabtu (7/10) dini hari WIB. Chiellini mengatakan kekalahan 0-3 dari Spanyol pada 3 September lalu memang telah melemahkan antusiasme tim Italia pada kualifikasi ini. 

"Jelas kekalahan ke Spanyol melemahkan antusiasme yang Anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan dengan baik dan berada di depan lawan,” kata dia  kepada Rai Sport, dilansir dari Football Italia, Sabtu (6/10).

Sebelum laga kontra Makedonia, Chiellini menerangkan, tim Italia membodohi diri sendiri karena merasa mereka sudah berkembang dibandingkan bulan lalu. Kenyataan, Italia justru belum mengalami kemajuan setelah kalah dari Spanyol dan bermain buruk kala menang tipis lawan Israel, September lalu. 

Kendati demikian, timnas Italia tidak lantas larut dalam kondisi ini. Sebaliknya, Azzurri harus siap untuk menghadapi laga terakhir kualifikasi Grup G melawan Albania pada Selasa (10/10) dan dua pertandingan playoff bulan depan. “Kami harus lebih tenang dan santai,” kata Chiellini. 

Chiellini membuka gol pada pertandingan itu sebelum babak pertama usai. namun, winger Makedonia Aleksander Trajvoski membatalkan keunggulan Azzurri pada babak kedua. 

Meski Italia tidak menunjukkan performa yang bagus, namun Chiellini mengatakan itu adalah kejutan tidak menyenangkan pertama mereka di kualifikasi grup. Bek Juventus ini mengatakan kesalahan Azzurri pada laga kontrak Makedonia yakni tidak berhasil menunjukkan dominasi. 

Dia menuturkan seharusnya timnya mengendalikan permainan sedikit lebih baik begitu mereka berhasil memecah kebuntuan di akhir babak pertama. Karena, menurutnya, Makedonia tidak mengancam pertahanan Azzurri selama 75 menit pertandingan. 

Namun, pemain berusia 33 tahun kembali menekankan agar timnya harus terus bekerja keras untuk mengamankan tiket ke Rusia, tahun depan. “Kami harus tetap bekerja, hanya itu satu-satunya rahasia, bersama dengan karakter dan ketenangan," kata dia. 

Dia mengatakan hanya permainan apik yang bisa membuat Azzurri memenangi tepuk tangan penggemar. “Sekarang ini, kami mengerti mereka kesal, tapi pada saat yang dibutuhkan, mereka akan bersama kami,” kata dia. 

Hasil imbang membuat Gli Azzurri harus berjuang untuk lolos ke Piala Dunia melalui jalur play-off. Italia dipastikan menempati urutan kedua klasemen grup dengan raihan 20 poin. Mereka terpaut lima angka di bawah Spanyol, yang telah memastikan tiket langsung ke final Piala Dunia, dan mencatat jarak cukup jauh tujuh angka dari Albania yang ada di urutan ketiga.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement