Senin 09 Oct 2017 02:14 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Tekuk Lithuania, Inggris Kunci Tiket ke Piala Dunia 2018

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Inggris, Dele Alli
Foto: AP Photo/Matt Dunham
Pemain Inggris, Dele Alli

REPUBLIKA.CO.ID,  VILNIUS -- Timnas Inggris berhasil menutup perjalanan di Kualifikasi Piala Dunia 2018 Rusia dengan kemenangan tipis 1-0 atas tuan rumah Lithuania. Pasukan Gareth Southgate pun berhak lolos dengan label tak pernah kalah di sepanjang fase Grup F.

Skuat the Three Lions berhak lolos ke putaran berikutnya Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Lithuania di LFF Stadium, Ahad (8/10). Satu-satunya gol hadir dari tendangan penalti Harry Kane pada menit ke-27.

Pertandingan berjalan sengit dari awal peluit babak pertama dibunyikan. Tampil bukan dengan kekuatan terbaiknya, Inggris justru kewalahan di menit-menit awal. Pada menit ke-11, pemain Lithuania, Darvydas Sernas menyambut umpan silang Vytautas Andriuskevicius yang jatuh di tengah kotak penalti. Sayang bola tendangan Sernas hanya melebar ke kiri gawang yang dikawal kiper Jack Butland.

Setelah beberapa upaya, tim berjuluk Tiga Singa mendapatkan kans cukup bagus pada menit ke-25. Sepakan bek kiri Harry Maguire meneruskan umpan Dele Alli cuma melebar ke kiri gawang.

Semenit berselang, Inggris mendapatkan hadiah penalti setelah Alli dijatuhkan Ovidijus Verbickas di area terlarang. Harry Kane yang turun sebagai eksekutor pun mampu membayar kepercayaan tersebut setelah menyarangkan bola ke pojok kiri bawah gawang kiper Ernestas Setkus.

Inggris punya kesempatan bagus menggandakan keunggulan pada menit ke-38 lewat aksi Marcus Rashford. Tusukannya dari sisi kiri diakhiri dengan sepakan yang masih bisa diamankan oleh kiper Ernestas Setkus.

Memasuki interval kedua, kecerobohan Michael Keane dan Maguire coba dimanfaatkan Darvydas Sernas. Sayang, lagi-lagi dewi fortuna belum berpihak kepada anak-anak Edgaras Jankauskas, sepakan Sernas masih melambung di atas gawang Inggris.

Sebuah serangan balik dari Lithuania nyaris berujung gol bunuh diri untuk Inggris pada menit ke-56. Umpan silang mendatar Cernych dari kanan mengenai kaki Keane dan mengarah ke gawang, memaksa Jack Butland meregangkan badan untuk mencegah bola masuk ke gawang.

Hingga pertengahan babak kedua Inggris relatif nyaman menguasai jalannya laga dan dominan dalam penguasaan bola. Tapi Inggris kesulitan membangun serangan yang berakhir dengan peluang-peluang bersih. Sebuah upaya dari Daniel Sturridge meneruskan bola dari Jesse Lingard cuma melebar pada menit ke-82.

Dua menit berselang, tuan rumah balas mengancam. Deivydas Matulevicius mengarahkan sepakan setengah voli namun hanya mengarah tepat ke Butland. Alahsil, hingga waktu habis Inggris tak berhasil mencetak gol tambahan dan skor tetap bertahan 1-0 sampai peluit panjang dibunyikan.

Dengan demikian, Inggris lolos sebagai pemuncak Grup F dan berhasil mengantongi nilai 26 dari sepuluh pertandingan. Jordan Henderson dan rekan-rekannya tercatat hanya dua kali gagal menang. Sementara, Slovakia berhak finis di urutan kedua dan harus memperjuangkan kelolosan dari jalur play-off.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement