Senin 09 Oct 2017 02:19 WIB

Jakarta Smart City Siapkan Official Apps Asian Games 2018

Rep: Nora Azizah/ Red: Endro Yuwanto
Logo Asian Games 2018
Logo Asian Games 2018

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Menjelang Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang, Jakarta Smart City menyiapkan official apps terkait ajang multievent olah raga se-Asia tersebut.

"Kami akan membuat aplikasi khusus untuk Asian Games 2018," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Jakarta Smart City Setiaji di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dalam pembuatan official apps tersebut rencananya akan menggandeng aplikasi Waze. Setiaji mengatakan, Asian Games 2018 di Indonesia memang lebih banyak ditangani oleh pemerintah pusat. Namun Jakarta dan Palembang juga memiliki tugas masing-masing demi keberlangsungan acara.

Di dalam aplikasi khusus tersebut para pengunjung bisa mendapatkan beragam informasi, seperti jadwal pertandingan, lokasi, transportasi, hingga penginapan terdekat. Informasi tersebut akan tersedia di dalam aplikasi sehingga tidak perlu mencari lagi melalui Google.

Aplikasi Asian Games 2018 tidak hanya bisa digunakan oleh warga Jakarta, tetapi juga masyarakat dari kota lain. "Kami ingin menarik wisatawan juga dari aplikasi ini," lanjut Setiaji.

Pengguna juga bisa mendapatkan informasi mengenai lokasi kafe atau pusat perbelanjaan terdekat. Dengan kemudahan akses tersebut diharapkan bisa menambah nilai ekonomi bagi pengusaha di Jakarta. Selain menonton Asian Games, pengunjung juga bisa melakukan in town vacation di Jakarta.

Setiaji mengungkapkan, saat ini aplikasi masih dalam proses perencanaan dengan pihak Waze. Koordinasi dan konsep aplikasi sudah mulai dibuat. Kemudian tahun depan proyek MRT direncanakan selesai sehingga bisa bekerja sama juga dengan Jakarta Smart City.

Terkait jaringan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) juga akan memasang koneksi 4,5G. Dengan fasilitas tersebut akses menonton pertandingan melalui ponsel diharapkan tidak lagi mengalami gangguan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement