Senin 09 Oct 2017 02:55 WIB

Jalan Terjal Argentina Menuju Piala Dunia 2018

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Endro Yuwanto
Dua striker timnas Argentina, Gonzalo Higuain (kiri) dan Lionel Messi.
Foto: EPA/Ballesteros
Dua striker timnas Argentina, Gonzalo Higuain (kiri) dan Lionel Messi.

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES -- Argentina terancam gagal lolos ke Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia. Bekal 25 poin tidak cukup membuat Lionel Messi dan kawan-kawan lolos secara otomatis dari babak kualifikasi.

Tim asuhan Jorge Sampaoli itu harus menghadapi laga pertaruhan melawan Ekuador pada Selasa (10/10) malam waktu setempat. Ini supaya bisa duduk di posisi kelima dan melangkahi tim nasional Peru yang punya poin sama dengan Argentina, 25.

Di babak kualifikasi zona Conmebol, empat negara di posisi teratas dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Negara tersebut adalah Brasil, Uruguay, Cile, dan Kolombia. Negara yang berada di posisi kelima harus melewati babak play off untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2018.

Argentina memang tidak mulus di babak kualifikasi kali ini. Lionel Messi dan rekan-rekannya sempat ditahan imbang 0-0 oleh Peru sehingga terjerembab di posisi keenam di bawah Peru. "Tim Jorge Sampaoli saat ini harus menghadapi satu laga lagi untuk bisa lolos," demikian laporan seperti dikutip Mirror, Senin (9/10) malam.

Jika gagal lolos, maka Argentina tercatat absen di Piala Dunia 2018 untuk pertama kalinya sejak 1970. Kemenangan saat bertandang ke Ekuador akan membuat skuat Tango mendapat posisi aman demi tiket masuk ke Rusia.

Ada berbagai kemungkinan selain harus memenangkan pertandingan melawan Ekuador. Peru dan Kolombia yang masing-masing berada di posisi kelima dan keempat, akan saling berhadapan di laga terakhir babak kualifikasi.

Argentina cukup meraih hasil imbang melawan Ekuador, jika Kolombia berhasil mengalahkan Peru dan di sisi lain Paraguay gagal menang di kandang sendiri melawan Venezuela. Dengan hasil imbang itu, Argentina juga bisa melangkahi Cile dan Kolombia yang unggul satu poin di atasnya, jika dua negara tersebut menerima kekalahan dengan selisih dua gol.

Satu kemungkinan yang membuat Argentina tidak perlu menang melawan Ekuador di Quito untuk naik peringkat ke posisi kelima. Yakni jika Paraguay gagal membungkam Venezuela dan Peru dikalahkan Kolombia.

 

Klasemen Sementara

Zona Conmebol Kualifikasi Piala Dunia 2018

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement