Selasa 10 Oct 2017 05:44 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Serbia Lolos ke Piala Dunia 2018

Penyerang Serbia Aleksandar Mitrovic merayakan keberhasilan timnya lolos ke Piala Dunia 2018.
Foto: EPA-EFE/ANDREJ CUKIC
Penyerang Serbia Aleksandar Mitrovic merayakan keberhasilan timnya lolos ke Piala Dunia 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, BELGRADE -- Serbia memastikan berlaga pada putaran final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Georgia 1-0 di Stadion Rajko Mitic, Belgrade, Selasa (10/10) dini hari WIB. Gol pemain pengganti Aleksandar Prijovic pada menit ke-74 mengantarkan Serbia di puncak Grup D zona Eropa dengan 21 angka dari 10 pertandingan

Ini adalah kali kedua Serbia mencapai final sebagai negara merdeka setelah berlaga pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Serbia gagal lolos ke dua Piala Eropa dan satu Piala Dunia sebelum kembali ke turnamen utama sepak bola tahun depan.

"Terima kasih banyak atas dukungan fantastis Anda dan kami berharap bisa bermain untuk Anda di Rusia," kata kapten Serbia Branislav Ivanovic dalam sebuah pidatonya di pinggir lapangan kepada fan Serbia di dalam stadion.

Serbia memberikan tekanan sejak awal, tapi Georgia yang punya peluang mencetak gol pada babak pertama. Gelandang Valerian Gvilia memaksa kiper Serbia Vladimir Stojkovic membuat penyelamatan pada menit ke-17. Serbia baru bisa mendapatkan peluang pada menit ke-39 saat tendangan Dusan Tadic ditepis Giorgi Makaridze. Turun minum, para pendukung Serbia mengeluarkan teriakan cemoohan pada tim kesayangan mereka.

Pada babak kedua, permainan Serbia mulai berubah dan makin taktis. Sepakan Nemanja Gudelj hanya meleset tipis di atas mistar Georgia, tiga menit babak kedua berjalan.

Tak berselang lama, tandukan Aleksandar Mitrovic berhasil diselamatkan Makaridze dengan sempurna. Sementara tandukan Ivanovic pada menit ke-67 melebar. Nemanja Matic nyaris menjebol gawang tim tamu andai pemain Georgia tak cekatan menyapu bola saat hampir melewati garis gawang.

Prijovic akhirnya memecah kebuntuan dengan tendangan jarak dekat sempurna, menuntaskan umpan silang rendah Mitrovic. Serbia pun bermain lebih tenang saat mengetahui Irlandia mengalahkan Wales 1-0.

Baca juga: Pastikan Berlaga di Piala Dunia 2018, Islandia Cetak Rekor 

sumber : REUTERS
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement