Selasa 10 Oct 2017 06:17 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Akhir tak Bahagia Wales di Kandang Sendiri

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
Timnas Wales lawan Irlandia Utara
Foto: EPA/CHRISTOPHE PETIT TESSON
Timnas Wales lawan Irlandia Utara

REPUBLIKA.CO.ID,  CARDIFF -- Pelatih Wales Chris Coleman sangat menyesali akhir perjalanan tragis yang harus dialami oleh tim besutannya. Kekalahan 0-1 atas Republika Irlandia di kandang sendiri, Stadion Cardiff, Selasa (10/10), menutup peluang Wales untuk mengikuti Piala Dunia 2018 di Rusia.

Padahal, Wales hanya cukup mendulang hasil seri untuk bisa mengamankan tiket jatah play-off di Grup D kualifikasi Piala Dunia zona Eropa. Kekalahan ini semakin menyesakkan karena menjadi yang pertama dialami oleh Wales di sepanjang kualifikasi. Sebelum ditaklukkan Irlandia, Coleman mampu membawa pasukannya meraih empat kemenangan dan lima hasil imbang.

"Irlandia memukul kami dengan telak. Tapi mereka mengalahkan kami dengan cara yang sportif. Kami tak bisa lagi berharap karena ini laga terakhir," kata Coleman dikutip dari ESPN, Selasa (10/10).

Pelatih usia 47 tahun ini mengatakan, pada laga itu sebenarnya Tom Lawrence dan kawan-kawan bisa mendominasi permainan. Namun sayangnya, dominasi penguasaan bola yang dimiliki tidak diiringi dengan lahirnya banyak peluang.

Coleman mengakui, absennya dua pemain andalan Gareth Bale dan Joe Allen sangat memengaruhi minimnya kreativitas di lapangan. Di sisi lain, Irlandia sukses membangun tembok kokoh dengan sesekali melepaskan serangan balik.

"Ada 10 orang pemain Irlandia di belakang dan kami sangat sulit menembusnya. Justru, Irlandia bisa mengeksekusi dengan baik minimnya peluang. Angkat topi buat mereka," kata Coleman.

Meski kecewa, pelatih berkebangsaan Wales ini masih menyisakan kebahagiaan di hatinya. Coleman mengatakan, pasukannya sudah menunjukkan perjuangan luar biasa di sepanjang kualifikasi Piala Dunia.

Coleman berharap, para pemain Wales bisa memetik pelajaran dari hasil pahit ini. "Para pemain sudah memberikan segalanya yang mereka miliki. Masih ada Piala Dunia selanjutnya. Para pemain yang sekarang, dengan usia seperti ini akan lebih siap nantinya. Saya bangga kepada mereka," kata dia.

Wales harus turun ke peringkat ketiga Grup D dengan koleksi 17 angka dari 10 laga. Posisi Wales digeser oleh Irlandia yang punya dua angka lebih banyak. Di posisi pertama, Serbia yang punya 21 angka lolos langsung ke Piala Dunia 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement