Selasa 10 Oct 2017 06:38 WIB

Klub Juara Asia Bisa Jumpa Madrid di Piala Dunia Antarklub

Piala Dunia Antarklub.
Foto: IST
Piala Dunia Antarklub.

REPUBLIKA.CO.ID,  ZURICH -- Siapapun juara Liga Champions Asia (AFC) nanti, mendapatkan tantangan berat pada Piala Dunia Klub 2017 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Klub juara Asia itu ditempatkan di sisi yang sama dengan juara Eropa, Real Madrid dalam pengundian (drawing) Piala Dunia Antarklub 2017, Senin (9/10).

Sang juara AFC itu akan bertemu dengan juara Oseania Auckland City atau klub tuan rumah Al Jazira pada perempat final. Tim pemenang akan berhadapan dengan juara bertahan Real Madrid pada semifinal di turnamen yang akan berlangsung pada Desember 2017 nanti.

Perempat final lainnya akan mempertemukan juara Concacaf Pachuca melawan juara Afrika. Sang pemenang akan bertemu juara Amerika Selatan-- yang juga belum ditentukan-- pada empat besar.

Al Jazira, yang lolos sebagai juara dari negara tuan rumah Uni Emirat Arab, akan bertemu Auckland City pada putaran pembukaan.

Turnamen yang diselenggarakan oleh FIFA ini didominasi oleh tim-tim Eropa sejak dimulai pada 2005. Ini merefleksikan fakta bahwa pemain-pemain terbaik Amerika Selatan, Asia, dan Afrika berkarier di Eropa ketimbang di benuanya masing-masing.

Sembilan dari 12 turnamen yang lalu, termasuk empat yang terakhir, dimenangi oleh tim-tim Eropa. Tiga pemenang lainnya berasal dari Brasil, yakni Sao Paulo, Internacional, dan Corinthians.

Turnamen tahun ini akan dimulai pada 6–16 Desember 2017. Ada tujuh tim dari enam konfederasi yang bakal memperebutkan trofi bergengsi tersebut.

Tim-tim bermain di antaranya adalah juara Liga Champions Eropa, Real Madrid, wakil tuan rumah Al-Jazira, kampiun Liga Champions Oseania, Auckland City, dan Pachuca yang merupakan juara Concacaf Champions League.

Sementara itu, wakil dari Asia, Afrika, dan Amerika Selatan belum diketahui karena masih menjalani partai semifinal di kompetisinya masing-masing.

Liga Champions Asia (AFC) saat ini telah mencapai fase semifinal yang mempertemukan Al Hilal (Arab Saudi), Persepolis (Iran), Urawa Reds Diamond (Jepang), dan Shanghai SIPG (China) sebagai tim-tim tersisa.

Barcelona (Ekuador), Gremio (Brazil), dan dua tim Argentina River Plate dan Lanus, telah mencapai semifinal Piala Libertadores Amerika Selatan. USM Alger (Aljazair), Wydad Casablanca (Maroko), Al Ahly (Mesir), dan Etoile de Sahel (Tunisia) berada di empat besar Liga Champions Afrika.

sumber : Antara/Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement