Selasa 10 Oct 2017 13:30 WIB

Manajemen Yakin Fan Dortmund di Indonesia Terus Bertambah

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
Legenda Dortmund, Karl-Heinz Riedl (baju kuning) dan Managing Director Dortmund untuk kawasan Asia, Suresh Letchmanan berfoto dengan trofi DFB Pokal 2017 di Hotel Sultan, Jakarta pada Selasa (10/10) pagi WIB. Dortmund mengunjungi Jakarta untuk merangkul pecinta sepak bola di IndonesiaR
Foto: Republika/Gilang Akbar
Legenda Dortmund, Karl-Heinz Riedl (baju kuning) dan Managing Director Dortmund untuk kawasan Asia, Suresh Letchmanan berfoto dengan trofi DFB Pokal 2017 di Hotel Sultan, Jakarta pada Selasa (10/10) pagi WIB. Dortmund mengunjungi Jakarta untuk merangkul pecinta sepak bola di IndonesiaR

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta salah satu klub raksasa Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund, mengadakan kunjungan ke Indonesia. Dalam kunjungan ini, Dortmund mengirimkan sejumlah perwakilan klub.

Mereka adalah Managing Director Dortmund untuk kawasan Asia Suresh Letchmanan dan legenda klub Karl-Heinz Riedle. Mereka juga ikut memboyong trofi asli DFB Pokal yang diraih musim lalu.

Suresh mengatakan, Dortmund sangat ingin merangkul pecinta sepak bola di Indonesia untuk menjadi fan klub berjuluk Die Borussian itu. Ia mengakui, para penggila bola di Indonesia sudah banyak yang menambatkan hatinya ke klub-klub di Liga Primer Inggris, Seri A Italia, ataupun La Liga Spanyol.

Namun, Suresh menyebut kecintaan sepak bola tak harus membuat seseorang menyukai satu klub saja. Ia berharap, Dortmund yang juga punya prestasi mentereng di kawasan Eropa bisa diidolai oleh penyuka olah raga si kulit bundar di Indonesia.

"Indonesia sangat penting sekali dengan jumlah pecinta sepak bola yang sangat banyak. Anda boleh menyukai klub-klub di Inggris, tapi kami juga bisa mengambil tempat di hati Anda," kata Suresh saat diwawancarai Republika.co.id, Selasa (10/10).

Suresh sangat optimistis dengan potensi Dortmund merangkul banyak fan di Indonesia. Ia mengatakan, saat ini jumlah fan yang loyal mencintai Dortmund di Indonesia cukup menjanjikan.

Sebagai gambaran, Suresh menyebut saat ini ada 600 ribu lebih pendukung asal Indonesia yang mengikuti mereka di media sosial. Basis fan yang tersebar di Jakarta, Bandung, hingga kota-kota di Kalimantan ini selalu setia mengikuti perjalanan Dortmund.

Suresh mengatakan, fan klub Dortmund di Indonesia selalu mengadakan acara nonton bareng setiap Shinji Kagawa dan kawan-kawan bermain. Hal ini diketahui oleh manajemen Dortmund melalui ragam postingan acara nonton bareng yang ditautkan ke akun media sosial mereka.

Berdasarkan hal tersebut, kata Suresh, manajemen klub pun kini lantas bergerak ke Indonesia dan terbukti mereka melihat adanya antusiasme yang menjanjikan. "Tak masalah meski di sini hak siar Bundesliga tidak menjamin bisa menonton setiap pekan. Mereka masih bisa live streaming lewat link resmi dan kami sangat bangga di Indonesia banyak fan Dortmund," kata Suresh.

Riedle menambahkan, Indonesia sudah dikenal di dunia sebagai negara yang sangat mencintai sepak bola. Pencetak dua gol saat Dortmund mengalahkan Juventus, 3-1, di final Liga Champions 1996/1997 ini yakin mantan timnya sangat disukai di Indonesia.

"Kami klub yang berprestasi dan saya percaya masyarakat di Indonesia mengikuti perjalanan kami. Kedatangan kami ke sini adalah bentuk apresiasi, semoga kami bisa terus disukai," kata Riedle.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement