Selasa 10 Oct 2017 18:46 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Dua Gol Cahill Pupus Mimpi Suriah ke Piala Dunia

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Penyerang Australia Tim Cahill saat menjebol gawang Suriah pada laga play-off Piala Dunia 2018 zona Asia, Selasa (10/10).
Foto: EPA-EFE/DAVID MOIR
Penyerang Australia Tim Cahill saat menjebol gawang Suriah pada laga play-off Piala Dunia 2018 zona Asia, Selasa (10/10).

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Kans timnas Australia untuk berlaga di Rusia tahun depan semakin dekat setelah berhasil menaklukkan Suriah 2-1 pada leg kedua play-off zona Asia, Selasa (10/10). Dua gol Tim Cahill memupus mimpi Suriah untuk kali pertama berlaga di Piala Dunia. Australia unggul agregat 3-2 setelah pada leg pertama di Malaysia bermain imbang 1-1.

The Socceroos kini segera menatap babak play-off antar-Konfederasi. Australia bakal bersiap menghadapi penghuni peringkat empat Zona Amerika Utara dan Tengah (Concacaf).

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Allianz, Sydney berjalan sengit sejak peluit laga berbunyi. Tuan rumah Australia tertinggal lebih dulu melalui gol Omar Al Somah pada menit keenam.

Tak butuh waktu lama, Australia berhasil menyamakan kedudukan melalui tandukan Tim Cahill pada menit ke-13 usai menerima umpan silang dari sisi kiri gawang Suriah. Sejak itu, kedua tim terus jual beli serangan.

Pertandingan yang berlangsung dengan tempo tinggi ini memaksa kedua tim bermain hingga babak tambahan.

Petaka bagi Suriah, gelandang mereka Mahmoud Al-Mawas harus keluar lapangan. Pemain berusia 24 tahun tersebut terpaksa di usir wasit karena mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-94. 

Peluang tersebut tak disia-siakan oleh Australia, hasilnya terjawab pada menit ke-109. Bomber gaek Tim Cahill menjadi pahlawan bagi Australia setelah merobek gawang Suriah untuk kali kedua, sekaligus menutup kemenangan bagi Si Kuning menjadi 2-1.

Sebelumnya, Australia harus mengubur asa tiket otomatis ke putaran final setelah kemenangan Arab Saudi atas Jepang di Jeddah September lalu. Hasil itu menyatakan Arab bergabung bersama Jepang ke Rusia pada 2018.

Atas hasil tersebut pasukan Ange Postcoglou harus melalui jalang panjang untuk menuju ke Negeri Beruang Merah dengan menghadapi Suriah di babak play-off Zona Asia.

Pada laga selanjutnya Australia bakal bertanding melawan peringkat empat klasemen Concacaf antara Panama atau Honduras.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement