Rabu 11 Oct 2017 09:57 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2018

Pertama dalam Tiga Dekade, AS Gagal ke Piala Dunia

Logo Piala Dunia Rusia 2018
Foto: FIFA.com
Logo Piala Dunia Rusia 2018

REPUBLIKA.CO.ID, COUVA -- Amerika Serikat akan absen dari putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam tiga dekade terakhir setelah kalah menyakitkan pada laga pamungkas putaran terakhir grup zona Concacaf. AS dibekap tim juru kunci Trinidad dan Tobago 1-2 di Stadion Ato Boldon, Couva pada Rabu (11/10) pagi WIB.

The Yanks terakhir kali absen pada Piala Dunia 1986. Sejak 1990 di Italia, AS kemudian menjadi langganan wakil Concacaf pada pesta sepak bola dunia ini. AS bahkan sempat masuk perempat final pada Piala Dunia 2022 di Jepang dan Korea Selatan. Catata tujuh penampilan beruntun pada putaran final Piala Dunia akhirnya terhenti.

Meskipun mengarungi kualifikasi yang tidak konsisten, Amerika memasuki Stadion Ato Boldon dengan posisi menguntungkan. Tim asuhan Bruce Arena hanya membutuhkan kemenangan atas Trinidad dan Tobago untuk mendapatkan tiket mereka ke Rusia.

Tapi dua gol pada babak pertama membuat AS tak berdaya. Gol bunuh diri Omar Gonzalez pada menit ke-17 dan upaya Alvin Jones tiga menit berselang membuat AS dalam tekanan. Gol Christian Pulisic pada awal babak kedua tak cukup untuk membawa AS ke Rusia.

Sebagai gantinya, Panama lolos ke putaran final Piala Dunia untuk pertama kalinya berkat kemenangan 2-1 atas Kosta Rika. Sementara Honduras mengalahkan Meksiko 3-2 untuk mengamankan tempat di playoff melawan Australia. 

Klasemen akhir grup kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Concacaf:

sumber : REUTERS
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement