Kamis 12 Oct 2017 14:31 WIB

Ini Dia Sosok Pengganti Nil Maizar di Semen Padang

Rep: Febrian Fachri/ Red: Endro Yuwanto
Nil Maizar
Foto: Republika/Prayogi
Nil Maizar

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Penggemar sepak bola dari Sumatra Barat (Sumbar) harus berat hati mendegar kabar klub Semen Padang (SP) menghentikan kerja sama dengan pelatih karismatik Nil Maizar. Nil yang sudah bersama Kabau Sirah sejak 2015 silam harus meninggalkan kursi pelatih kepala karena rentetan hasil buruk selama putaran kedua Liga 1 2017.

Dari 11 laga, Nil hanya bisa memberikan satu kemenangan untuk the Kmers. Itu pun diraih atas tim lemah Persegres Gresik United. Posisi Semen Padang kini dalam bahaya karena hanya satu garis di atas zona degradasi.

Pasca-kekalahan 0-4 dari tuan rumah PSM Makassar di pekan ke-27, manajemen SP langsung memberhentikan Nil. Sampai akhir musim, Semen Padang mempercayakan asisten Nil, Delfi Adri sebagai caretaker.

Promosi jabatan yang diberikan Semen Padang kepada Delfi mengundang tanda tanya. Banyak yang tidak mengenal pria yang sudah dua tahun menjadi tangan kanan Nil tersebut.

Tapi, Delfi sebenarnya bukanlah orang baru di pantas sepak bola Indonesia. Delfi sudah berkecimpung di dunia kepelatihan sejak 2014 silam. Ia memulai karier sebagai peracik strategi tim U-21 Semen Padang.

Sebagai pelatih kepala Semen Padang U-21, Delfi pernah membawa Kerbau Merah junior mengangkat trofi Liga Super Indonesia U-21 2014. Ketika itu tim besutan Delfi mengalahkan Sriwijaya FC U-21 dengan skor 4-0 di final yang digelar di Bandung.

Pencapaian Delfi sebagai pelatih tim muda di tahun 2014 tersebut membuat manajemen Semen Padang memperhitungkannya masuk ke jajaran pelatih tim senior.

Sejak 2015, Delfi mulai bertugas sebagai asisten pelatih di bawah araha Nil Maizar. Kebetulan, Delfi dan Nil punya kedekatan karena sama-sama berasal dari Kota Madya Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar.

Kompetisi debut Delfi sebagai asisten pelatih tim senior Semen Padang adalah di ajang Piala Jenderal Sudirman 2015. Saat itu SP mengakhiri turnamen pramusim tersebut sebagai runner-up.

Kontrak Delfi terus diperpanjang setahun untuk kompetisi Indonesia Soccer Championship 2016 dan berlanjut setahun untuk Liga 1 2017. Sampai pada akhirnya, ia dipercaya menjadi caretaker menggantikan Nil Maizar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement