Kamis 12 Oct 2017 19:22 WIB

Eks Asisten Fergie: Mou Kembalikan Keangkeran Iblis Merah

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Endro Yuwanto
Jose Mourinho
Foto: EPA-EFE/MAXIM SHIPENKOV
Jose Mourinho

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Mantan asisten Sir Alex Ferguson di Manchester United (MU), Mike Phelan kagum dengan sepak terjang Jose Mourinho dalam menangani skuat Iblis Merah. Phelan mengatakan, pujian pantas dilayangkan kepada Mourinho karena sudah membuat MU kembali menuju kejayaan.

Atas kinerja Mourinho yang datang ke Old Trafford musim lalu, Phelan menilai pelatih asal Portugal itu telah mengembalikan keangkeran the Red Devils.

Phelan mengatakan, Mourinho membuat MU kembali ditakuti oleh seluruh lawan. Menurut dia, hal tersebut sudah lama tak pernah lagi muncul pascapensiunnya Ferguson 2013 silam.

"Perlahan Mourinho mengembalikan wibawa United menjadi tim yang ditakuti. Ada atmosfer hebat yang Mourinho bawa dan para pemain menunjukkan reaksi yang sangat tepat," kata Phelan dikutip dari Sky Sports, Kamis (12/10).

Sosok yang pernah mengabdi untuk MU dari 1999 sampai 2013 ini mengatakan, kembalinya reputasi MU sebagai tim menakutkan sangatlah penting. Hal ini bisa membuat lawan merasakan tekanan besar sebelum berlaga melawan Iblis Merah.

Menurut Phelan, keangkeran jadi sesuatu yang hilang ketika Sir Alex pergi. Pelatih-pelatih sebelumnya, seperti David Moyes dan Louis van Gaal belum mampu melakukan hal serupa.

"Saya pikir United yang sekarang seperti sesuatu yang benar-benar segar. Lihat skuat yang mereka miliki. Saya yakin mereka akan meraih sesuatu yang besar musim ini," kata Phelan.

Sejak kedatangan Mourinho, MU sudah meraup tiga trofi musim lalu. Saat ini, MU berada di peringkat kedua klasemen sementara Liga Primer Inggris 2017/2018. MU punya angka sama dengan peringkat pertama Manchester City tapi sang tetangga sekota memiliki surplus gol sedikit lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement