Ahad 15 Oct 2017 06:49 WIB

Heynckes: Kemenangan 5-0 Start Positif

Pelatih Bayern Muenchen Jupp Heynckes ketika anak-anak asuhnya berhasil menang pada laga kontra SC Freiburg, Sabtu (14/10).
Foto: EPA-EFE/ANDREAS SCHAAD
Pelatih Bayern Muenchen Jupp Heynckes ketika anak-anak asuhnya berhasil menang pada laga kontra SC Freiburg, Sabtu (14/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN — Jupp Heynckes meraih kemenanangan saat ia kembali ke bangku pemain cadangan Bayern Munich pada Sabtu (14/10). Sang juara bertahan menghancurkan Freiburg dengan skor 5-0 untuk mendekati pemuncak klasemen Borussia Dortmund, yang kalah 2-3 dari Leipzig.

Kemenangan ini membawa tim peringkat kedua Bayern, yang akan berhadapan dengan Celtic di Liga Champions pekan depan, mengoleksi 17 poin. Muenchen hanya tertinggal dua poin dari Dortmund, yang menelan kekalahan pertamanya di kandang sendiri dari 41 pertandingan Liga Jerman, 2-3 dari RB Leipzig.

Heynckes (72 tahun), yang berada dalam periode keempatnya di klub, mengambil alih tim pada pekan lalu dari Carlo Ancelotti, yang dipecat setelah Bayern gagal menang pada tiga pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

Heynckes, yang memimpin Bayeng mengukir treble pada 2013, mendapatkan lawan yang sangat sesuai. Freiburg tidak pernah menang di Muenchen dan telah 13 kali kalah dari 15 pertandingan liga sebelumnya di Ibu Kota Bavaria.

"Sangat penting untuk memiliki start yang bagus," kata sang pelatih kepada para pewarta. "Hal ini memberi banyak dukungan dan kepercayaan diri dan keamanan."

"Pada posisi kami, kami semestinya tidak membesar-besarkan kemenangan 5-0 namun merupakan hal yang positif saat tim ingin terus mencetak gol setelah unggul 2-0. Ini merupakan start positif namun kami masih memiliki banyak pekerjaan di depan kami,” kata dia. 

Tuan rumah hanya memerlukan delapan menit untuk membuka keunggulan, di mana gol bunuh diri kedua Julian Schuster pada dua pertandingan beruntun menyusul permainan operan mulus dari tuan rumah.

Sundulan Kingsley Coman pada menit ke-42 membawa mereka memimpin dua gol, namun bukannya menyia-nyiakannya seperti yang mereka lakukan pada dua pertandingan terakhirnya di liga, yang berakhir imbang 2-2, Bayern kali ini mampu mengamankan kemenangan.

Thiago Alcantara memberikan penampilan gemilang pada menit ke-60 sebelum Robert Lewandowski memaksimalkan kesalahan di pertahanan untuk membukukan gol kesembilannya pada liga musim ini. Bayern melengkapi "pembantaian" melalui gol Joshua Kimmich pada fase akhir pertandingan.

Dua klub peserta Liga Champions, Dortmund dan Leizig, masing-masing harus kehilangan seorang pemain pada babak kedua di mana tim tamu mengendalikan permainan seutuhnya.

Pencetak gol terbanyak Liga Jerman Pierre-Emerick Aubameyang mencetak dua gol, namun Dortmund kemasukan tiga gol, lebih banyak satu gol dari tujuh pertandingan liga sebelumnya, untuk mengakhiri laju tidak terkalahkan di kandang sendiri.

Hoffenheim, di peringkat ketiga, memimpin dua kali saat melawan Augsburg, namun kemasukan gol pada fase akhir pertandingan yang membuat mereka bermain imbang 2-2, untuk membuat mereka total telah mengumpulkan 15 poin.

Schalke mencatatkan kemenangan perdana mereka dari empat pertandingan, ketika mereka mengejutkan tuan rumah Hertha Berlin dengan skor 2-0 untuk naik ke peringkat kelima dengan 13 poin, unggul tiga angka atas Mainz 05 yang menang 3-2 atas Hamburg.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement