Senin 16 Oct 2017 20:57 WIB

Persiba Tekuk Bali United

Rep: Ali Mansur/ Red: Ratna Puspita
Logo Liga 1 Indonesia.
Foto: ist
Logo Liga 1 Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persiba Balikpapan berhasil menekuk kandidat juara Liga 1, Bali United, dengan skor 3-2 di Stadion Batakan, Balikpapan, Senin (16/10). Dengan kemenangan ini Persiba mengoleksi 23 poin di posisi 17, sementara Bali United tetap berada di peringkat dua dengan 55 poin.

Ketiga gol Persiba dicetak oleh Suharto, Yudi Khoerudin, Bijahil Chalwa dan dua gol balasan dari Bali United diciptakan oleh Dias Angga Putra serta Irfan Bachdim. 

Bermain di depan pendukungnya, Persiba Balikpapan langsung berinisiatif untuk bermain menyerang. Skema permainan anak asuhan Hariyadi mampu membuat tim tamu kocar-kacir menghadapi serangan sporadis tim Beruang Madu. 

Sejumlah peluang emas berhasil diciptakan, namun sayang penyelesaian Persiba buruk. Pada menit ke-28 Persiba nyaris membuka keunggulan melalui tandukan Yudi Khoerudin. 

Berawal dari Lopicic yang melepaskan crossing ke kotak penalti, bola berhasil diteruskan oleh Yudi. Sayangnya, hasil bola tandukannya masih bisa ditepis oleh Wardhana. Dua menit kemudian, giliran Lopicic berpeluang membawa unggul Persiba, tapi tembakannya masih melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke-36, tim tuan rumah akhirnya mampu membuka skor. Berawal usaha penyelamatan tak sempurna dari Wardhana, berhasil dimanfaatkan oleh Sunarto. 

Mantan pemain Arema FC, itu melepaskan tembakan menyusur tanah di mulut gawang, tanpa bisa dihalau oleh Wardhana. Setelah menjebol gawang Bali United, Sunarto berlari ke pojok ke lapangan untuk dan menutup wajahnya dengan kaus bernomor punggung 1 milik kiper Persela Lamongan, Choirul Huda.

Tertinggal 1-0, Bali United mencoba bangkit untuk mencari gol penyeimbang kedudukan. Namun Persiba tidak mengendurkan serangannya, dan nyaris menambah keunggulan lewat aksi Ramadhan. 

Usaha Ramadhan dengan melepaskan tembakan ke pojok kiri gawang bisa ditepis oleh Wardhana. Skor 1-0 untuk keunggulan Persiba Balikpapan bertahan sampai turun minum.

Setelah turun minum keadaan terbalik, Bali United mempu menciptakan gol cepat saat babak kedua baru berjalan dua menit. Lilipaly meneruskan umpan dari Bachdim melalui tembakan first time di ujung kotak penalti. 

Bola meluncur deras ke pojok kanan gawang tanpa bisa diselamatkan oleh Dian Agus. Setelah berhasil menyamakan kedudukan, Bali United justru berbalik unggul melalui Gol Irfan Bachdim. 

Striker timnas Indonesia itu mengontrol umpan sundulan dari Comvalius sebelum melepaskan tembakan akurat ke pojok kiri gawang, Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Bali United.

Tersentak dengan dua gol balasan tim tamu, Persiba bangkit dan melesakkan dua gol balasan. Menit ke-88, Yudi berhasil memanfaatkan tendangan bebas Lopicic yang sempat membentur pagar hidup Bali United. 

Yudi melepaskan tembakan dari sisi kiri kotak penalti yang tak bisa diselamatkan oleh Wardhana. Kedudukan imbang 2-2.

Pada perpanjangan waktu, giliran Persiba yang membalikkan kedudukan. Gol penentu kemenangan dicetak oleh pemain pengganti Chalwa, bola liar yang jatuh ke kakinya dan pemain yang masuk di babak kedua itu langsung melepaskan tembakan kencang ke gawang. 

Skor berubah 3-2 untuk kemenangan Persiba Balikpapan.

Susunan pemain:

Persiba Balikpapan (4-3-3): Dian Agus, Yudi, Absor, Iqbal, Alfath, Bryan, Lopicic, Anmar, Ilhamul, Sunarto, Marlon.

Pelatih: Hariyadi

Bali United (4-2-3-1): Wardhana, Wahyu, Dias, Byung Keon, Andhika, Van der Velden, Flores, Taufiq, Lilipaly, Bachdim, Comvalius.

Pelatih: Widodo Cahyo Putro.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement