Selasa 17 Oct 2017 20:30 WIB

Rangkuman Pekan Ke-29 Liga 1, Persela Berkabung

Rep: Febrian Fachri / Red: Ratna Puspita
Penjaga gawang Persela Lamongan Choirul Huda ditandu petugas kesehatan ketika bertanding melawan Semen Padang dalam lanjutan Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Surajaya Lamongan, Jawa Timur, Minggu (15/10).
Foto: Rahbani Syahputra/Antara
Penjaga gawang Persela Lamongan Choirul Huda ditandu petugas kesehatan ketika bertanding melawan Semen Padang dalam lanjutan Gojek Traveloka Liga 1 di Stadion Surajaya Lamongan, Jawa Timur, Minggu (15/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Semua klub Liga 1 Indonesia sudah merampungkan pertandingan pekan ke 29. Semua pertandingan pekan ke 29 ini terangkum dalam empat hari, yang banyak menghadirkan momen penting.

Persela Berkabung

Momen yang sulit dilupakan oleh dunia sepak bola Indonesia terjadi saat Persela Lamongan melawan Semen Padang di Stadion Surajaya, Ahad (15/10). Kiper Laskar Jaka Tingkir Choirul Huda meninggal dunia akibat berbentuan dengan rekannya Ramon Rodrigues dan striker Kabau Sirah Marcel Sacramento. 

Huda mengalami cedera parah di bagian dada dan rahang sehingga ia tak bisa lagi ditolong. Laga ini berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Persela. 

Untuk menghormati kepergian Choirul Huda, PT LIB selaku operator kompetisi berjanji membuat persembahan khusus saat pertandingan Liga 1 pekan ke 30 tengah pekan ini. Huda tak dapat ditampik sebagai kiper legendaris buat Persela dan sepak bola Indonesia karena pengabdiannya menjadi pemain sejak tahun 1999 lalu. 

Ia adalah pemain loyal yang hanya membela Persela sepanjang karirnya.

PSM Benamkan Persib

Beberapa jam setelah pertandingan Persela vs Semen Padang di Makassar, Sulawesi Selatan, terjadi big match antara tuan rumah PSM dan Persib Bandung. Duel ini berjalan menarik. 

Selain merebut tiga angka, pemain Juku Eja dan Maung Bandung sama-sama ingin mempertahankan harga diri sebagai tim besar. Hasilnya, PSM menang tipis 2-1. 

Persib unggul lebih dulu lewat gol Febri Hariyadi di menit ketiga. Balasan PSM terjadi di menit ke tujuh dan 89 lewat kaki Zulkifli Syukur dan Pavel Puryshkin.

Ini merupakan kekalahan pertama buat Persib selama putaran kedua Liga 1. Bagi PSM, kemenangan ini membuat kans menjadi juara semakin terbuka.

Pasukan Ramang naik lagi ke peringkat tiga dengan nilai 55 angka. Hanya kalah empat angka dari pimpinan klasemen Bhayangkara FC.

Bhayangkara Terjungkal

Saat PSM berjuang mengalahkan Persib di Sulawesi, di pulau sebelah, tepatnya di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Bhayangkara berjibaku dengan Barito Putera. Bhayangkara bernafsu memetik tiga angka agar bisa menjaga jarak dengan Bali United dan PSM. 

Tapi, The Guardian harus mengakui kekalahan 1-0. Gol tunggal Laskar Pangeran Antasari dicetak Dandi Abdulkak di menit 81.

Bhayangkara harus pulang ke Bekasi dengan tambahan tiga angka. Kekalahan yang diberikan Barito kepada Bhayangkara membuka kembali persaingan ketat untuk perebutan gelar juara. 

PSM merapatkan nilai dengan Bhayangkara. Klub milik korps Kepolisian RI itu juga gagal menjauh dari Bali United.

Beruang Madu Tundukkan Serdadu Tridatu

Pekan ke 29 Liga 1 ditutup oleh duel antara Persiba Balikpapan melawan Bali United di Stadion Batakan, Senin (16/10). Bali United sadar bahwa mereka punya peluang merapatkan nilai dari Bhayangkara. Andai menang di Batakan, Serdadu Tridati jadi tertinggal satu angka saja dari Bhayangkara.

Laga di Batakan berlangsung sengit dan enam ditonton. Tuan rumah Si Beruang Madu unggul lebih dulu menit 36 lewat gol Sunarto. Jelang babak pertama berkhir, Bali menyamakan kedudukan lewat gol indah Stefani Lilipaly.

Tridatu berbalik unggul 1-2 di menit 65. Kini giliran Irfan Bachdim yang mencatatkan namanya di papan skor. Kemenangan sepertinya menjadi milik Bali United sampai pertandingan memasuki menit 87. Mereka tinggal fokus bertahan menjaga keunggulan.

Tapi yang terjadi tak sesuai dengan harapan Bali United. Persiba yang tengah berjuang dari zona degradasi menciptakan keajaiban di akhir-akhir pertandingan. 

Di menit 88, bek Yudi Khoierudin menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Striker Persiba Bijahil Calwa membuat petaka buat pertahanan Bali dengan melesakkan gol di menit 90+4.

Persiba berbalik unggul 2-3 saat wasit asal Kirgistan Nurgazy Cholpobaev meniupkan peluit tanda pertandingan berakhir.

Bali gagal menempel Bhayangkara. Poin mereka 55 disamai PSM. 

Persiba malah menjadikan kemenangan ini sebagai titik balik untuk bisa keluar dari zona degradasi. Persiba masih di urutan 17 dengan nilai 23 angka. Tertinggal enam poin dari Semen Padang di posisi aman untuk bertahan di Liga 1 musim depan.

Rangkuman pertandingan Liga 1 pekan ke 29:

Jumat 13/10/17

Mitra Kukar 0 - 5 Persipura

Madura United 1 - 1 Borneo FC

 

Sabtu 14/10/17

Perseru Serui 2 - 3 Sriwijaya FC

Persija 5 - 0 Gresik United

Arema 1 - 1 PS TNI

 

Minggu15/10/17

Persela 2 - 0 Semen Padang

Barito Putera1 - 0 Bhayangkara

PSM 2 - 1 Persib

 

Senin 16/10/17

Persiba Balikpapan 3 - 2 Bali United

 

 

 Klasemen Pekan ke-29 Go-Jek Traveloka Liga 1. (Twitter/@Liga1Match)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement