Sabtu 21 Oct 2017 10:15 WIB

Ambisi Tiga Angka Barcelona Lawan Malaga

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Ratna Puspita
Pemain Barcelona Sergi Roberto diganjal pemain Olympiakos pada pertandingan Liga Champions Eropa Grup D di Stadion Camp Nou, Kamis (19/10) dini hari.
Foto: Manu Fernandez/AP Photo
Pemain Barcelona Sergi Roberto diganjal pemain Olympiakos pada pertandingan Liga Champions Eropa Grup D di Stadion Camp Nou, Kamis (19/10) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, KATALUNYA — Barcelona sedang berambisi menjaga kans untuk terus menjaga asa sebagai pemimpin klasemen La Liga 2017/2018. Kini, pasukan Ernesto Valverde bersiap untuk menjajal kekuatan tamunya Malaga dalam jornada kesembilan yang digelar di Camp Nou, Ahad (22/10) dini hari nanti.

Tren tak pernah kalah Barcelona harus terhenti kala bertamu ke markas Atletico Madrid akhir pekan lalu. Hasil imbang 1-1 yang diterima Lionel Messi dan kawan-kawan tak membuat posisi mereka tergoyah sebagai pemimpin klasemen sementara.

Namun, memasuki jornada ke-9 Blaugrana tak ingin menuai hasil yang sama bahkan harus menelan kekalahan dihadapan pendukungnya saat menjamu tim juru kunci Malaga.

"Kami memiliki musim yang panjang dan hasil melawan Atletico adalah hal yang wajar dalam sepak bola. Tetapi kami harus terus menatap pertandingan selanjutnya," ucap Valverde dalam laman resmi klub. 

Torehan positif baru saja dicatatkan oleh Barca saat tampil di Liga Champions melawan Olimpiakos dengan skor 3-1. Kemenangan tersebut berdampak pada mentalitas tim pada lanjutan La Liga pekan ini.

"Ini adalah kemenangan penting bagi kami, mempertahankan kemenangan dalam tiga laga Liga Champions,” kata dia  selepas pertandingan melawan Olimpiakos dilansir Barca Blaugranes, Kamis (19/10).

Namun, Valverde mengatakan, timnya harus terus bekerja keras untuk tetap mempertahankannya dan tak boleh merasa cepat puas. “Laga akhir pekan nanti melawan Malaga merupakan partai penting dan kami harus optimis untuk bisa memetik kemenangan," kata Valverde.

Tantangan bagi Barca yakni rentetan jadwal padat. Padatnya jadwal berpotensi membuat para pemain Barca kelelahan, terlebih bagi sang megabintang Lionel Messi. Setelah membawa Argentina lolos dramatis ke putaran final Piala Dunia 2018, Messi juga menjadi andalan di dua partai penting melawan Atletico Madrid dan Olimpiakos.

Partai melawan Malaga bisa menjadi kesempatan bagi entrenador 53 tahun untuk mengistirahatkan Messi dan memberi rotasi kepada beberapa pemain. Untuk urusan formasi, Luis Suarez akan tetap menjadi penyerang tengah ditemani oleh Gerard Deulofeu dan Lionel Messi atau Paulinho. Di lini tengah, Denis Suarez kemungkinan akan diberi kesempatan bermain ditemani oleh Sergio Busquetsm Andres Iniesta ataupun Ivan Rakitic.

Menggunakan formasi 4-4-3 kemungkinan lini belakang mereka akan diisi oleh Sergi Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti, dan Lucas Digne yang menyumbang satu gol dalam kemenangan mereka atas Olimpiakos.

Berbanding jauh dari sang lawan, tim tamu Malaga berada di tebir jurang setelah baru mengemas satu angka dari delapan laga yang telah dimainkan, Malaga tersungkur di urutan 20. 

Tentu hal tersebut menggambarkan pertemuan antara semut dan gajah. Sang penghuni tertinggi klasemen berduel dengan tim gurem yang kesulitan di dasar klasemen.

Meski tak pernah meraih kemenangan, posisi Michel Gonzalez dipastikan tetap bertahan bersama Boquerones. Manajemen klub mempercayai kinerja Michel dan tetap mendukung perjuangannya untuk bangkit.

"Dia pelatih yang sangat baik. Orang tidak pernah melihat ke arah bangku cadangan, tapi kita harus memikirkan solusi yang tidak melibatkan pemecatan terhadap dirinya (Michel)," ucap Direktur Olahraga Mario Husillos dilansir Football Espana, Rabu (18/10).

Mario Husillos meminta para pemain Malag untuk tetap fokus dan tidak memikirkan papan klasemen. "Situasinya sangat sulit dan kita harus keluar dari sini. Kita harus saling percaya dan maju terus untuk berada di tempat yang nyaman," kata dia.

Di sisi lain, Michel mengatakan timnya akan mencoba sekuat tenaga untuk membawa pulang poin saat berkunjung ke Camp Nou. "Kami akan berjuang untuk merepotkan mereka dan membawa pulang angka," kata pelatih berusia 54 tahun dikutip laman resmi.

Malaga akan kehilangan Jose Recio pada pertandingan kali ini karena menerima akumulasi kartu merah di partai sebelumnya. Maka Esteban Rolon akan berdampingan dengan Javier Intiveros.

Di lini depan Adalberto Penaranda kembali diberi kepercayaan untuk merobek jala lawan didukung dengan gelandang serang Juanpi dan dua pemain sayap kiri Diego Rolan dan Mula di sisi kanan.

Tapi, Malaga tak perlu berkecil hati lantaran mereka memiliki catatan positif pada musim lalu dengan menahan imbang Barca di Camp Nou dan juga membuat Lionel Messi bertekuk lutut 2-0 pada 8 April 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement