Sabtu 21 Oct 2017 11:40 WIB

Rangkuman Pekan Ke-30 Liga 1, PSM dan Bali Menggertak

Rep: Febrian Fachri / Red: Ratna Puspita
Kapten Kesebelasan Bali United Fadil Sausu (ketiga kiri) dan Kapten Kesebelasan PS TNI, Lestusen Manahati (kedua kanan) memegang jersey berstuliskan nama penjaga gawang Persela Lamongan Choirul Huda menjelang Pertandingan Sepak Bola Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (20/10). Kedua kesebelasan menggelar doa bersama untuk mengenang penjaga gawang yang meninggal dalam pertandingan beberapa waktu lalu.
Foto: ANTARA/Nyoman Budhiana
Kapten Kesebelasan Bali United Fadil Sausu (ketiga kiri) dan Kapten Kesebelasan PS TNI, Lestusen Manahati (kedua kanan) memegang jersey berstuliskan nama penjaga gawang Persela Lamongan Choirul Huda menjelang Pertandingan Sepak Bola Liga 1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Jumat (20/10). Kedua kesebelasan menggelar doa bersama untuk mengenang penjaga gawang yang meninggal dalam pertandingan beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Semua klub Liga 1 punya waktu istirahat minim dalam satu pekan ini. Mereka diagendakan bertanding untuk laga tengah pekan.

Stamina menjadi kunci bagi semua klub untuk meraup poin di pekan ke-30 kemarin. Tim-tim yang punya banyak stok pemain berkelas mampu memetik kemenangan yang membuat perubahan berarti di tabel klasemen.

Boaz Mengamuk

Boaz Salossa. (REPUBLIKA/Mahmud Muhyidin)

Pekan ke 30 diawali dengan partai klasik antara Persipura Jayapura menjamu Persija Jakarta di Stadion Mandala, Jayapura, Rabu (18/10). Laga ini menjadi pembuktian buat striker senior Indonesia Boaz Theofiluss Erwin Solossa. 

Boaz mencetak trigol ke gawang Macan Kemayoran. Hattrik ini membuat catatan gol Boaz di Liga 1 musim ini menjadi sembilan. Kemenangan ini sekaligus membawa Persipura sempat naik ke peringkat tiga, namun akhirnya turun lagi ke peringkat lima karena Bali United dan PSM kembali menyalip sehari kemudian.

Mutiara Hitam sekarang harus puas di peringkat empat dengan nilai 56 angka. Hanya tertinggal tiga poin dari pimpinan klasemen sementara Bhayangkara FC.

Persib Imbang Lagi

Pesepak bola Persib Bandung Gian Zola (kedua kiri) berebut bola dengan pesepak bola Madura United FC Fabiano Da Rosa Beltrame (kiri). (ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra) 

Nasib apes belum mau beranjak dari Persib Bandung. Juara bertahan Liga Super 2014 ini meneruskan hasil buruk ke enam beruntun. Dari enam laga terakhir, Persib imbang lima laga dan kalah satu pertandingan. 

Teranyar Kamis (19/10), mereka ditahan tim tamu Madura United 0-0 di Stadion Si Jalak Harupat. Persib pun bermain kurang baik karena minim menciptakan peluang ke gawang Laskar Sape Kerrab. Malah MU yang diperkuat Peter Odemwingie yang berkali-kali menebar ancaman ke gawang M Natshir.

Hasil seri tak mengubah posisi Persib di tabel klasemen. Maung Bandung masih setia di urutan 11 dengan nilai 38. Bagi MU hasil seri ini juga kerugian buat mereka yang masih bersaing untuk gelar juara. MU tertahan di peringkat ke lima dengan nilai 54 poin.

PSM Jungkalkan Bhayangkara

Pesepak bola PSM Makassar Marc Anthony Klok (kanan) berusaha menghadang pesepak bola Bhayangkara FC Evan Dimas (kiri). (ANTARA/Risky Andrianto) 

Di hari yang sama, big match penentu papan atas tersaji di Stadion Patriot, Bekasi antara tuan rumah Bhayangkara FC melawan PSM Makassar. Kedua tim sama-sama masih punya pelung besar menjadi juara. 

The Guardian bermain ngotot agar dapat menjauh dari pesaing mereka di puncak klasemen. Hasil akhir tak berpihak kepada anak-anak asuh pelatih asal Skotlandia Simon McMenemuy. 

Bhayangkara tak dapat membalas dua gol PSM yang dicetak Wiljan Pluim dan Steven Paulle. Dua gol PSM tercipta dengan skema set piece

Ini merupakan kekalahan pertama Bhayangkara di kandang sendiri selama putaran kedua. Laga sebelumnya di kandang Barito Putera, Evan Dimas Cs juga kalah. 

Posisi mereka masih aman di puncak klasemen, namun hanya unggul tipis dari PSM. Pasukan Ramang punya nilai 58 angka, hanya satu angka di bawah Bhayangkara.

Bali United Ramaikan Persaingan Juara

Pesepak bola Bali United Stefano Lilipaly (kiri) berebut bola dengan pesepak bola PS TNI M Abdulah Lestaluhu (kanan). (ANTARA/Nyoman Budhiana)

Pekan ke 30 Liga 1 2017 ditutup dengan duel tak seimbang antara Bali United menjamu PS TNI di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Jumat (20/10).

Di atas kertas Bali lebih unggul dari TNI. Serdatu Tridatu punya sederet pemain bintang, dan posisi mereka ada di papan atas klasemen. Beda dengan TNI yang harus berjuang menjauh dari zona degradasi.

Tapi, The Army memberikan perlawanan ketat kepada tuan rumah. TNI unggul lebih dulu sejak menit kedua lewat titik putih yang dieksekusi Elio Martins. 

Cukup sulit bagi Bali untuk mencari gol penyeimbang karena TNI bermain sangat spartan sepanjang babak pertama. Untungnya, tuan rumah punya top skorer sementara Sylvano Comvalius yang bisa mencetak gol dalam peluang sekecil apapun. 

Di saat pemain TNI sudah percaya diri bisa mempertahankan keunggulan sampai babak pertama

selesai, Comvalius mengejutkan gawang tuan rumah di menit ke-44. Ia menanduk sempurna umpan matang Ricky Fajrin dari sayap kiri.

Dua menit berselang tepatnya di injury time, petaka hadir juga untuk tim tamu. Stefano Lilipaly dilanggar oleh bek TNI di kotak penalti di menit 45+2. 

Comvalius yang maju menjadi eksekutor tak mendapat kesulitan menaklukkan kiper TNI Teguh Amiruddin. Gol ini merupakan yang ke 32 dicetak Sylvano di Liga 1. 

Hanya keajaiban yang bisa menggagalkan Pemain asal Belanda itu untuk merebut gelar top skorer

Liga 1 2017. Ia unggul 11 gol dari striker Mitra Kukar Marclei Cesar di posisi kedua.

Tambahan tiga angka membuat Bali United menggeser PSM dari peringkat dua. Poin mereka sama-sama 58. Bali lebih unggul dalam produktivitas gol.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement