Senin 23 Oct 2017 19:28 WIB

Kalahkan Gabriel Jesus & Dembele, Mbappe Raih Golden Boy

Kylian Mbappe.
Foto: PSG
Kylian Mbappe.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS — Penyerang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe memenangi penghargaan Golden Boy Eropa. Mbappe menyisihkan kandidat favorit lainnya yakni Gabriel Jesus (Manchester City), dan Ousmane Dembele (Barcelona). 

Penghargaan Golden Boy diberikan setiap tahun oleh surat kabar Italia Tuttosport kepada pesepakbola papan atas Eropa di bawah usia 21.  ESPN melaporkan pada Senin (23/10), penghargaan ini diputuskan oleh sebuah panel yang terdiri dari 30 wartawan dan performa sepanjang tahun kalender sepak bola Eropa. 

Mbappe membantu Monaco meraih gelar Ligue 1 dan melaju semifinal Liga Champions musim lalu sebelum bergabung dengan Paris Saint-Germain pada bursa transfer musim panas lalu.  Pesepak bola berusia 18 tahun itu bergabung dengan PSG dalam skema pinjaman yang akan ditetapkan menjadi kesepakatan permanen senilai 180 juta euro. 

Pemain 18 tahun ini pun tetap bisa melanjutkan kinerja apiknya setelah pindah ke PSG.  Tampil sembilan laga di semua musim ini, Mbappe mencetak empat gol. Ia menjadi remaja yang melesakkan gol terbanyak di LIga Champions pekan lalu ketika menjarangkan gol ke gawang Anderlecht. 

Rekan Mbappe di tim nasional Prancis, Dembele, mencatat rekor pembelian Barcelona pada musim panas lalu. Berbeda dengan Mbappe, pemain berusia 20 tahun itu belum memberi dampak pada La Blaugrana. 

Pemain depan asal Brasil Gabriel Jesus pindah ke Manchester City dari Palmeiras pada Januari lalu setelah kesepakatan pada musim panas sebelumnya. Pesepak bola berusia 20 tahun itu beradaptasi dengan sangat cepat di Liga Primer, mencetak tujuh gol dalam 11 pertandingan pertamanya.

Pemain lain yang juga masuk nominasi, yaitu Marcus Rashford (Manchester United), Christian Pulisic (Borussia Dortmund), dan kiper AC Milan Gianluigi Donnarumma. Pelatih Dortmund Peter Bosz mengatakan setelah daftar nominasi diumumkan ke publik pekan lalu bahwa Pulisic pantas memenangkan penghargaan tersebut.

Golden Boy telah diberikan sejak 2003. Pemenang sebelumnya termasuk Wayne Rooney, Lionel Messi, Cesc Fabregas Sergio Aguero, Isco dan Paul Pogba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement