Selasa 24 Oct 2017 20:38 WIB

Wushu akan Test Event Asian Games 2018 Mulai Lusa

Atlet Wushu Indonesia Felda Elfira Santoso.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Atlet Wushu Indonesia Felda Elfira Santoso.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Cabang olahraga Wishu akan menggelar turnamen uji coba (test event) menuju Asian Games 2018 mulai Kamis (26/10) lusa. Uji coba yang memfokuskan pada kelayakan arena ini bakal digelar di Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Iwan Kwok menyatakan turnamen uji coba ini akan memiliki format Kejuaraan Nasional dan juga mempertandingkan kejuaraan kung fu tradisional.

"Test event ini akan memakai format Kejurnas dan juga mempertandingkan kung fu tradisional yang diikuti 160 atlet dari 21 provinsi untuk kejurnas, sementara untuk kung fu tradisional diikuti sekitar 400 atlet," kata Iwan saat dihubungi di Jakarta, Selasa (24/10).

Khusus untuk Kejuaraan Nasional wushu tersebut, akan diikuti juga oleh atlet-atlet yang tergabung dalam program Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) wushu. "Sehingga dari Kejurnas tersebut kemungkinan juga akan kami jadikan ajang promosi dan degradasi atlet-atlet Pelatnas Asian Games 2018," ujar dia.

Saat ini, ada 17 atlet dalam Pelatnas wushu yang terbagi menjadi 11 atlet wushu menjadi tanggungan pemerintah yang sebelumnya tergabug dalam program Satlak Prima, sementara PB WI menanggung enam atlet lainnya. Dari 17 atlet tersebut, dikabarkan 15 yang akan tampil di kejurnas karena ada dua atlet yang cedera saat berlaga di Kejuaraan Dunia di Rusia beberapa waktu lalu.

Indonesia sendiri menargetkan merebut satu medali emas, dari 15 medali cabang wushu yang akan diperebutkan dalam Asian Games 2018 nanti. Saingan terberat Indonesia sendiri masih datang dari negara China, Iran, Korea Selatan, Hong Kong dan Vietnam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement