Rabu 25 Oct 2017 00:42 WIB

Lika-Liku Sepak Bola Indonesia di 3 Tahun Rezim Jokowi-JK

Timnas Indonesia U-16.
Foto:
Ketum PSSI terpilih Edy Rahmayadi menerima Pataka PSSI dari Plt Ketum PSSI Hinca Panjaitan pada Kongres PSSI di Jakarta, Kamis (10/11).

PSSI mendatangkan mantan pemain Real Madrid untuk melatih tim nasional Indonesia. Tanda tangan kontrak dilakukan di kantor PSSI, Gran Rubina, Jakarta, Jumat 20 Januari 2017. 

Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono, pernah mengungkapkan jika Luis Milla ditunjuk untuk menangani timnas Indonesia senior dan U-23, dikontrak dengan durasi dua tahun.

Secara resmi, PSSI telah menunjuk PT Liga Indonesia Baru menjadi operator kompetisi sepak bola reguler di Indonesia. PSSI juga menunjuk Bendahara Umum PSSI, Berlington Siahaan, sebagai Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru. Glen Sugita sebagai Komisaris Utama dan Ratu Tisha kembali menjadi Direktur Kompetisi.

Liga 1 musim 2017 resmi bergulir dan mempertemukan dua tim kuat di Indonesia pada April silam. Dalam pertandingan tersebut, tim tuan rumah Persib Bandung harus menerima hasil imbang 0-0 atas Arema FC yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, pada Sabtu (15/4) malam. Pertandingan yang mempertemukan Juara ISL 2014 dan Piala Presiden 2017 itu.

Pada Agustus 2017, tim nasional Indoensia U-22 gagal meraih medali emas pada gelaran SEA Games 2017 di Kuala Lumpur. Luis Milla selaku pelatih hanya mampu membawa Garuda Muda meraih peringkat tiga dengan medali perak. 

Andik Vermansyah dan kawan-kawan gagal melaju ke babak final, usai dikalahkan tim tuan rumah Malaysia dengan skor 1-0 pada babak semi SEA Games 2017 lalu. 

Bulan berikutnya, tim nasional Indonesia di bawah arahan Fakhri Husaini berhasil tampil gemilang pada ajang kualifikasi Piala Asia U-16 2018 Grup G di Thailand. Sutan Diego Armando dan kawan-kawan lolos ke putaran final Piala Asia U-16 2017 dengan status sebagai juara Grup G. Pada laga pamungkas mereka berhasil menaklukan Laos dengan skor 3-0.

Selain itu, timnas Indonesia U-19 juga tidak mau ketinggalan. Pasukan Indra Sjafrie itu juga tampil memukau pada gelaran PIala AFF U-18 di Myanmar. Meski hanya finis sebagai peringkat tiga, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan tampil memukau sepanjang turnamen.

Pada Oktober 2017, riak kembali muncul. Sebanyak 15 klub Liga 1 yang tergabung dalam Forum Klub Sepak Bola Profesional Indonesia (FKSPI) memberikan ultimatum kepada operator Liga Indonesia Baru (LIB). 

Tidak main-main, mereka mengancam akan berhenti berkompetisi jika LIB tidak menanggapi hasil evaluasi mereka. Namun pada tanggal 10 Oktober 2017, FKSPI mengurungkan rencana mogoknya, usai mereka melakukan pertemuan dengan PSSI, PT LIB dan seluruh peserta Liga 1.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement