Rabu 25 Oct 2017 10:41 WIB

Mengenal Guyana, Calon Lawan Timnas Indonesia

Rep: Ali Mansur/ Red: Israr Itah
Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Guyana dalam laga persahabatan.
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Guyana dalam laga persahabatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI telah resmi merilis laga uji coba tim nasional Indonesia pada berbagai level usia. Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan melawan Suriah dan Yordania pada 18 dan 25 November 2017. Sementara, timnas senior bakal menjamu Guyana pada 25 November 2017. Tiga laga uji coba tersebut akan digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat. 

Ada satu calon lawan yang masih sangat asing di telinga pecinta sepak bola di Indonesia, yaitu Guyana. Negara yang dahulu bernama Guyana Britania berada di pesisir utara Amerika Selatan. Guyana merupakan satu-satunya negara di kawasan itu yang menetapkan Bahasa Inggris sebagai bahasa resminya. 

Guyana satu dari tiga negara Amerika Selatan yang menjadi anggota uni sepak bola Karibia, juga bagian dari CONCACAF bersama Suriname dan Guyana Prancis.

Meski demikian, prestasi timnas Guyana hampir sama dengan timnas Indonesia. Bahkan saat ini segi peringkat FIFA, Guyana sama dengan Indonesia di peringkat 165 dunia. Sementara dari segi prestasi tidak terlalu mentereng, berhasil lolos ke Piala Karibia pada 1991. Selanjutnya, prestasi terbaik saat mampu menjadi peringkat keempat pada 2007.

Pada ajang kompetisi dunia, Guyana belum pernah lolos ke Piala Emas CONCACAF. Namun mereka juga pernah mencatatkan kemenangan terbesar sepanjang sejarah sepak bola Guyana. Kemenangan terbesar Guyana tercipta saat mengalahkan Anguilla 14-0 pada 14 April 1998. Sedangkan, kekalahan terbesar Guyana yakni 0-9 ketika dibantai Meksiko pada 2 Desember 1987.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria menyatakan, PSSI memiliki alasan tersendiri memilih Guyana sebagai lawan timnas senior. Menurut Ratu, pihaknya menilai timnas Guyana merupakan lawan setara timnas Indonesia. Hal itu berdasarkan posisi ranking FIFA kedua negara yang sama. Indonesia dan Guyana sama-sama berada di peringkat ke-165 di daftar ranking FIFA bulan ini.

"Dengan calon lawan-lawan ini, PSSI berharap bisa sepadan bagi Indonesia ini bisa menjadi patokan Luis Milla untuk laga resmi lainnya mendatang," dalam rilisnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement